Sukses

Viral, Pria Ini Mencoba Memasak Resep Masakan yang Berusia 4000 Tahun

Professor asal Unviersitas Cambridge ini bereksperimen dengan memasak resep masakan dari 4000 tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Ketika mencoba masakan baru, biasanya kita akan mengambil resep di internet atau pun mengikuti cara masak yang ada di YouTube. Namun, pernahkah Anda terpikirkan, sebenarnya sejak kapan manusia mulai untuk mengarsipkan resep masakan mereka?

Dilansir dari Twit yang dibuat oleh Bill Sutherland, seorang profesor biologi konservasi di Universitas Cambridge, ia menceritakan kisahnya yang mencoba memasak resep masakan yang berasal dari jaman Mesopotamia, yang artinya resep tersebut telah bahkan di tahun sebelum masehi.

Berdasarkan testimoni dari Bill Sutherland, ia menyebut bahwa beberapa resep masakan tersebut terasa cukup enak dan memiliki warna yang cerah. Setelah kisahnya ia bagikan di Twitter, warganet pun turut antusias menyimak hal tersebut.

Berikut merupakan kisah selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (24/6/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stew of Lamb

Berdasarkan keterangan dari Bill Sutherland, resep tersebut diambil dari tablet Mesopotamia kuno yang diperkirakan berusia 3770 tahun. Salah satu resepnya yakni bernama 'Stew of Lamb' yang berbahan dasar daging kambing atau domba.

"Sebusan domba. Ini sederhana dan lezat. Hancur dalam beberapa kue tipis, yang menghasilkan saus yang kaya rasa. Topping daun bawang dan bawang putih yang dihancurkan memberikan ujung yang tajam 2/6," tulis Bill Sutherland dalam cuitannya.

 

3 dari 3 halaman

Tuh'u

Selain rebusan daging domba, ada pula Tuh'u. Sajian ini terbuat dari daging sapi namun di irisan bagian kaki. Hidangan ini kemudian mendapatkan warna yang cantik dari buah bit.

"Tuh'u. Pikir ini tampak menakjubkan dan penuh rasa. Pikir saya harus memasak sedikit lebih lama untuk menghancurkan lebih banyak."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.