Sukses

Penyebab Leukimia dan Faktor Risikonya, Kenali Gejala Umumnya

Leukimia merupakan jenis kanker darah yang cukup sering ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab leukimia penting untuk menjadi perhatian. Leukimia merupakan jenis kanker darah yang cukup sering ditemukan. Data Global Cancer Observatory 2018 dari World Health Organization (WHO) menunjukkan, pada 2018 kematian akibat leukimia di Indonesia mencapai 11.314 jiwa.

Penyebab leukimia bisa dialami siapa saja. Penyebab leukimia ini paling mungkin menyerang orang berusia di atas 55 tahun dan paling umum diderita anak di bawah 15 tahun. Penyebab leukimia bisa berkembang akut dengan cepat dan semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Penyebab leukimia bisa dipicu oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Menjaga gaya hidup bisa jadi cara mengurangi risiko penyebab leukimia. Berikut penyebab leukimia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (24/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Penyebab leukimia secara umum

Penyebab leukimia sangat terkait dengan masalah produksi sel darah. Leukimia memengaruhi leukosit, atau sel darah putih. Sel darah putih adalah penangkal infeksi yang ampuh. Mereka biasanya tumbuh dan membelah secara teratur, sesuai kebutuhan tubuh. Tetapi pada orang dengan leukimia, sumsum tulang menghasilkan jumlah sel darah putih abnormal yang berlebihan, yang tidak berfungsi dengan baik.

Sel darah putih yang bermutasi atau berubah, melumpuhkan kemampuannya untuk mengontrol pertumbuhan dan pembelahan. Dalam beberapa kasus, sel-sel yang bermutasi ini keluar dari sistem kekebalan dan tumbuh di luar kendali, menekan sel-sel sehat dalam aliran darah.

Seiring waktu, sel-sel abnormal ini dapat mengeluarkan sel darah sehat di sumsum tulang, menyebabkan lebih sedikit sel darah putih sehat, sel darah merah dan trombosit, yang menyebabkan tanda dan gejala leukimia.

3 dari 9 halaman

Faktor penyebab leukimia

Sama seperti kanker pada umumnya, penyebab pasti leukimia belum diketahui. Tapi, faktor risiko tertentu terkait dengan penyakit tersebut. Faktor risiko leukimia di antaranya adalah:

Usia

Risiko sebagian besar Leukimia meningkat seiring bertambahnya usia. Usia rata-rata pasien yang didiagnosis dengan Leukimia myeloid akut (AML), Leukimia limfositik kronis (CLL) atau Leukimia myeloid kronis (CML) adalah 65 tahun ke atas. Namun, kebanyakan kasus Leukimia limfositik akut (LLA) terjadi pada orang berusia di bawah 20 tahun. Usia rata-rata pasien Leukimia limfositik akut (ALL) saat diagnosis adalah 15 tahun.

Gangguan darah

Kelainan darah tertentu, termasuk kelainan mieloproliferatif kronis seperti polisitemia vera, mielofibrosis idiopatik, dan trombositopenia esensial meningkatkan kemungkinan berkembangnya Leukimia myeloid akut.

Riwayat keluarga

Kebanyakan Leukimia tidak memiliki hubungan keluarga. Namun, jika seseorang adalah kerabat tingkat pertama dari pasien Leukimia limfositik kronis, atau jika memiliki saudara kembar identik yang menderita Leukimia myeloid akut atau Leukimia limfositik akut, seseorang mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

4 dari 9 halaman

Faktor penyebab leukimia

Sindrom kongenital

Beberapa sindrom kongenital termasuk Dowm sindrom, anemia Fanconi, sindrom Bloom, ataksia-telangiektasia, dan sindrom Blackfan-Diamond tampaknya meningkatkan risiko AML.

Jenis kelamin

Pria lebih mungkin dibandingkan wanita untuk mengembangkan Leukimia.

Pengobatan kanker sebelumnya

Orang yang pernah menjalani kemoterapi dan terapi radiasi jenis tertentu untuk kanker lain memiliki risiko lebih tinggi terkena jenis Leukimia tertentu.

5 dari 9 halaman

Faktor penyebab leukimia

Merokok

Merokok meningkatkan risiko Leukimia myelogenous akut.

Kondisi kekebalan bawaan

Kondisi kekebalan bawaan tertentu meningkatkan risiko infeksi berat dan Leukimia.

Penekanan kekebalan

Leukimia pada anak dapat berkembang karena penekanan sistem kekebalan yang disengaja. Ini mungkin terjadi setelah transplantasi organ saat seorang anak meminum obat untuk mencegah tubuhnya menolak organ tersebut.

6 dari 9 halaman

Faktor penyebab leukimia

Paparan bahan kimia tertentu

Paparan bahan kimia tertentu, seperti benzena - yang ditemukan dalam bensin dan digunakan oleh industri kimia - terkait dengan peningkatan risiko beberapa jenis Leukimia.

Medan elektromagnetik

Kontak yang terlalu lama dengan medan elektromagnetik, seperti tinggal di dekat kabel listrik, dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengembangkan ALL.

Radiasi

Paparan radiasi berenergi tinggi misalnya Ledakan bom atom dan paparan intens ke radiasi berenergi rendah dari medan elektromagnetik misalnya Saluran listrik.

7 dari 9 halaman

Jenis leukimia

Leukimia juga diklasifikasikan menurut jenis selnya. Leukimia yang melibatkan sel myeloid disebut Leukimia myelogenous. Sel myeloid adalah sel darah yang belum matang yang biasanya menjadi granulosit atau monosit. Leukimia yang melibatkan limfosit disebut Leukimia limfositik. Berikut klasifikasinya:

Leukimia myelogenous akut (AML)

Leukimia myelogenous akut (AML) dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Ini adalah bentuk Leukimia yang paling umum. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk AML adalah 26,9 persen.

Leukimia myelogenous kronis (CML)

Leukimia myelogenous kronis (CML) memengaruhi kebanyakan orang dewasa. Anak-anak jarang mengembangkan Leukimia jenis ini.

Leukimia limfositik akut (ALL)

Leukimia limfositik akut (LLA) kebanyakan terjadi pada anak-anak. Anak-anak di bawah usia 5 tahun berada pada risiko tertinggi untuk mengembangkan Leukimia limfoblastik akut (ALL). Namun, itu juga dapat menyerang orang dewasa, biasanya di atas usia 50 tahun.

Leukimia limfositik kronis (CLL)

Leukimia limfositik kronis (CLL) paling mungkin menyerang orang yang berusia di atas 55 tahun . Ini sangat jarang terlihat pada anak-anak.

8 dari 9 halaman

Gejala leukimia yang umum

Darah sulit membeku

Leukimia dapat menyebabkan seseorang mudah memar atau berdarah dan sulit untuk sembuh. Penderita Leukimia juga bisa mengembangkan petechiae yang merupakan bintik-bintik merah dan ungu kecil di tubuh. Ini menunjukkan bahwa darah tidak membeku dengan baik.

Sering mengalami infeksi

Sel darah putih sangat penting untuk melawan infeksi. Jika sel darah putih tidak berfungsi dengan benar, seseorang dapat sering mengalami infeksi. Sistem kekebalan dapat menyerang sel-sel tubuh sendiri.

9 dari 9 halaman

Gejala leukimia yang umum

Anemia

Karena lebih sedikit sel darah merah efektif yang tersedia, penderita Leukimia akan mengalami anemia. Ini berarti mereka tidak memiliki cukup hemoglobin dalam darahnya. Hemoglobin mengangkut zat besi ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kesulitan bernapas atau kesulitan bernapas dan kulit pucat.

Kelelahan

Kelelahan dan mudah lelah adalah gejala Leukimia yang paling umum. Tanda-tanda ini sering disebabkan oleh anemia atau kekurangan sel darah merah, yang hanya menambah kelelahan fisik. Dalam kasus kronis dan akut, seseorang mungkin mengalami rentang dari sedikit kelelahan hingga kelemahan fisik yang ekstrem, tetapi dalam semua kasus, gejalanya hanya memburuk dari waktu ke waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini