Sukses

Andien: Makanan Jiwa juga Penting untuk Menjaga Kesehatan Ibu

Senada dengan Andien, Kepala BKKBN pun mengatakan bahwa ibu yang sehat akan melahirkan anak dan generasi masa depan yang juga sehat

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Andien Aisyah mengatakan bahwa bukan hanya makanan secara fisik saja yang penting untuk menjaga kesehatan ibu, tetapi juga "makanan jiwa."

Hal ini diungkapkan oleh Andien dalam talkshow Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 yang diselenggarakan Liputan6.com pada Rabu (21/4/2021).

Andien mengatakan bahwa asupan makanan merupakan sebuah hal yang penting untuk diketahui oleh seorang ibu, demi menjaga kesehatannya. Namun bukan hanya makanan fisik saja yang dibutuhkan oleh ibu.

"Apa yang kita makan itu kan yang menentukan kita ke depannya," kata wanita yang juga menggeluti bidang kesehatan mental tersebut.

"Di sini saya tidak hanya berbicara makanan fisik."

"Apa yang masuk ke dalam diri kita berarti itu adalah informasi, berita-berita setiap harinya, kemudian bagaimana kita membentengi diri kita dengan lingkungan yang seperti apa, itu termasuk makanan. Aku menyebutnya makanan jiwa," ujarnya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Untuk Generasi yang Akan Datang

Menurut Andien, makanan jiwa juga berpengaruh pada kesehatan ibu. Hal inilah yang juga akan mempengaruhi anak-anaknya, serta generasi di masa mendatang.

"Ibu yang sehat akan melahirkan anak-anak yang sehat. Dan anak-anak yang sehat tentunya akan menjadikan generasi berikutnya yang benar-benar sehat," ujarnya.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo juga setuju terhadap apa yang dikatakan oleh Andien.

"Makanan atau masukan itu bisa yang sifatnya fisik atau non-fisik. Memang betul bahwa pengasuhan itu sangat berpengaruh," kata Hasto yang merupakan moderator dari bincang-bincang tersebut.

Hasto pun senada bahwa dari ibu yang sehat, maka akan dilahirkan anak-anak yang sehat. Menurutnya, kesehatan ibu hamil juga akan berdampak pada anak bahkan cucunya di masa yang akan datang.

"Ibu yang hamil dan anak yang dikandungnya itu perempuan, maka pada saat hamil itu pula telurnya sudah dibuat pada saat itu. Sehingga akan menentukan nasib cucunya," kata pria yang juga dokter kebidanan dan kandungan itu. 

3 dari 3 halaman

Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.