Sukses

Andien: Hari Kartini Bukan Sekadar Pakai Kebaya dan Perayaan

Menurut Andien, perempuan yang mampu mengasuh keluarganya juga berarti perempuan yang sadar, mindful, dan mampu memelihara dirinya sendiri

Liputan6.com, Jakarta Bagi Andien Aisyah, penyanyi yang juga seorang ibu, ada makna yang lebih mendalam di Hari Kartini, yang menurutnya bukan hanya soal menggunakan kebaya.

Dalam talkshow Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 yang diselenggarakan Liputan6.com pada Selasa (21/4/2021), Andien mengatakan bahwa Hari Kartini memiliki makna yang lebih luas daripada apa yang diketahui selama ini.

"Artinya bukan hanya sekadar kebaya dan bukan hanya sekadar perayaan, tetapi apa makna yang lebih dalam dibandingkan itu," kata wanita 35 tahun ini.

Menurut pelantun lagu "Let It Be My Way" itu, apa yang selama ini diketahui masyarakat dari sosok R.A. Kartini hanyalah puncak dari gunung es yang ada di permukaan saja.

"Kita mesti tahu banget apa sih yang sebenarnya melandasi Kartini itu bisa berbuat seperti itu. Punya kemauan sebesar itu. Bisa berjuang sedemikian hebatnya," kata Andien.

Menurut Andien, hal inilah yang seharusnya direfleksikan oleh orang-orang dalam memperingati Hari Kartini.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perempuan di Dalam Keluarga

Andien mengatakan bahwa perempuan adalah pilar bagi sebuah keluarga. Menurutnya, keluarga merupakan unit terkecil yang dapat diasuh oleh seseorang, sebelum berkembang menjadi sebuah masyarakat atau negara.

"Ketika kita ngomongin Hari Kartini, ini tidak jauh-jauh dari bagaimana seorang perempuan bisa me-nurture (mengasuh) keluarganya," kata Andien.

Ia melanjutkan, perempuan yang mampu mengasuh keluarganya adalah perempuan yang sadar, mindful, dan mampu memelihara dirinya sendiri sebelum mengasuh keluarganya.

"Mengasuhnya seperti memperhatikan kesehatannya, kesehatan jiwa dan fisiknya, kemudian bagaimana dia bisa mengambil skala prioritas di dalam kesehariannya, kemudian menciptakan balance life dalam kesehariannya," kata Andien.

Meski terdengar sepele, tetapi bagi Andien, hal-hal di atas merupakan "tiang pancang utama" di dalam keseharian yang dijalani oleh perempuan.

3 dari 3 halaman

Infografis Ingat Pesan Ibu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.