Sukses

Infeksi Tak Sembuh, Masukkan Bawang Putih ke Telinga Malah Bikin Sakit Lebih Parah

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih punya banyak manfaat sebagai terapi kesehatan alami. Walau begitu, pemakaiannya pun tetap harus dilakukan sesuai aturan dan tidak boleh sembarangan.

Seorang pria di Tiongkok mencoba memasukkan satu siung bawang putih ke dalam telinganya untuk menyembuhkan infeksi yang dialaminya. Cara itu dilakukannya usai membaca sebuah metode penyembuhan di internet.

Bukannya sembuh, pria ini merasakan rasa sakit di telinganya. Dia pun membawanya ke Sanhe Hospital dan menemui dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT).

Zhong Yijun, spesialis THT yang menangani pasien tersebut, mengatakan bahwa ada benda asing berwarna putih di dalam saluran telinga kirinya.

"Saya tidak bisa menentukan apa itu. Saya pikir itu terjadi karena peradangan," kata Yijun seperti dikutip dari Fox News pada Kamis (28/11/2019).

2 dari 3 halaman

Dua Bulan di Dalam Telinga

Yijun lalu mengeluarkan benda tersebut dari telinga pasien. Dia menemukan bahwa itu adalah bawang putih yang telah berbau dan membusuk.

"Karena bawang putih telah terfermentasi di telinganya selama dua bulan, itu mengeluarkan bau yang menyengat," kata Yijun.

Dokter mengatakan bahwa pasien yang diidentifikasi bernama Kang itu membaca artikel di internet, bahwa bawang putih adalah anti-inflamasi yang baik. Karena itu, dia memasukkannya ke dalam telinga.

Pasien itu diberikan tindakan pembersihan telinga oleh dokter. Kemudian, ia mendapat resep obat untuk mengatasi radangnya.

Yijun pun meminta orang-orang untuk tidak segera percaya dengan apa yang mereka baca di internet. Apalagi, yang meminta seseorang memasukkan benda-benda ke dalam telinga.

"Ini bisa menghalangi saluran telinga, mencegahnya membersihkan diri, serta menyebabkan kondisi seperti peradangan."

3 dari 3 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Bahaya Mengeluarkan Air di Telinga dengan Menggoyangkan Kepala Anak
Artikel Selanjutnya
Gatal Tak Berkesudahan, Telinga Remaja Tiongkok Kemasukan Laba-Laba