Sukses

Nadiem Minta Dipanggil 'Mas' di Hadapan Pegawai Dikbud, Ingin Tak Berjarak?

Liputan6.com, Jakarta Usai resmi dilantik menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi (Mendikbud Dikti) Nadiem Makarim langsung melakukan serah terima jabatan. Di kesempatan tersebut Nadiem mengatakan kepada jajaran pejabat dan pegawai Kemendikbud agar tidak memanggilnya dengan 'Pak' melainkan 'Mas'.

"Saya jangan dipanggil 'Pak', panggil 'Mas' saja," tuturnya usai menjawab tentang rencana 100 Hari Nadiem di Kantor Kemendikbud Jakarta Rabu (23/10/2019).

Menurut psikolog klinis dewasa Rena Masri bisa jadi hal ini karena Nadiem ingin tak berjarak dengan pegawai kementerian.

"Ya, tentu ada perbedaan feeling saat memanggil dengan 'Pak' atau 'Mas'. Dipanggil dengan 'Mas' agar tak berjarak dan dekat," kata Rena.

 

Panggilan 'Mas' kepada menteri bisa jadi hal tidak biasa di kalangan pemerintahan. Mungkin juga beberapa pegawai merasa itu hal yang tidak lazim karena terbiasa memanggil 'Pak' atau 'Bu' kepada pimpinan atau rekan kerja.

"Sementara bagi pegawai yang lebih muda, biasanya lebih fokus pada apa target dan tujuannya saat bekerja," katanya.

Terlepas dari panggilan 'Mas' kepada Nadiem, kepercayaan diri ketika melakukan sesuatu dan beradaptasi, kata Rena, jadi modal yang penting saat menghadapi dunia baru.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Siapkan 3 PP dan 4 Perpres tentang KPK, Atur Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Jokowi Yakin Tak Ada Politik Identitas di Pilkada 2020