Sukses

Jenis Tanaman Alternatif untuk Masyarakat Tanpa Harus Bakar Lahan

Sejumlah tanaman yang bisa dipilih masyarakat tanpa harus membakar lahan.

Liputan6.com, Jakarta Demi mencegah bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tahun mendatang, sejumlah tanaman bisa menjadi pilihan masyarakat untuk dibudidayakan. Budidaya tanaman dilakukan tanpa harus membuka lahan dengan cara dibakar.

Pilihan tanaman tersebut disampaikan Kepala BNPB Doni Monardo. Ia menawarkan cara mengubah perilaku masyarakat dengan meningkatkan kesejahteraan dengan pengembangan pohon yang bersifat ekonomis.

"Contohnya, kopi Liberica, pohon pinang, nanas, lidah buaya, pisang barangan, enau, sayur mayur, tanaman sagu, dan sebagainya," ujar Doni melalui keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Selasa (24/9/2019).

"Jenis tanaman ini bisa menjadi alternatif untuk masyarakat tanpa harus membakar lahan."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lahan Terbakar Jadi Kebun

Doni menegaskan, penyebab karhutla adalah 99 persen ulah manusia. Sebanyak 80 persen lahan yang terbakar menjadi kebun.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah Provinsi Jambi menangani bencana kabut asap.

Gubernur Jambi Fachrori Umar menambahkan, upaya pencegahan di antaranya rapat kordinasi, apel siaga, sosialisasi, pemantauan, dan pengecekan di lapangan serta pemadaman api di darat dan udara.

"Belum ada mekanisme membuka lahan tanpa cara membakar," ucap Umar. "Semoga tahun depan dan di tahun-tahun selanjutnya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan lagi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.