Sukses

Sontek, 5 Cara Dongkrak Rasa Percaya Diri

Percaya diri merupakan salah satu modal penting dalam menjalani kehidupan. Begini caranya agar lebih percaya diri.

Liputan6.com, Jakarta Percaya diri merupakan salah satu modal penting dalam menjalani kehidupan. Baik itu dalam kehidupan pendidikan, sosial, maupun bekerja hal ini begitu dibutuhkan.

Bagi orang yang memiliki rasa percaya diri tinggi sejak lahir, tentu tak jadi masalah. Namun, ada juga orang yang perlu berusaha memupuk rasa ini agar bisa berani tampil. Seperti melansir YourTango, berikut lima cara untuk meningkatkan kepercayaan diri.

1. Hadapi rasa tidak nyaman

Saat Anda menjadi seorang pemimpin maka hal tersebut akan menjadi tantangan tersendiri. Anda akan sering dalam keadaan membuat keputusan yang sulit. Hadapilah rasa tidak nyaman ini karena hal ini hanya akan terjadi sementara.

2. Kegagalan itu hal yang bisa terjadi

Jika Anda ingin merasa lebih percaya diri maka Anda harus membiarkan diri untuk gagal, merasa takut dan merelakan. Saat Anda rela gagal maka Anda harus menghadapi ketakutan Anda.

Keduanya akan mengharuskan untuk merelakan hal yang membuat Anda terlalu khawatir. Kuasailah hal tersebut. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Komunikasi dengan Diri Sendiri

Percaya diri berkaitan dengan mentalitas Anda. Bicaralah dengan diri sendiri secara positif. Berikan afirmasi untuk diri Anda. Contohnya Anda dapat mengatakan "Anda telah melakukan hal yang sama sebelumnya dan dapat melakukannya lagi."

4. Latih kesadaran diri

Sadar diri merupakan kemampuan yang membantu menghadapi stress. Saat Anda menyadari apa yang Anda rasakan, pikirkan, atau takuti kepercayaan diri Anda dapat meningkat.

5. Pastikan tujuan

Sering meragukan diri sendiri merupakan perilaku yang dapat menurunkan percaya diri. Saat mengetahui diri Anda dengan jelas maka akan merasa lebih mudah untuk membuat keputusan dan menjalani hidup.

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.