Sukses

Cara Seru Latih Anak Jadi Sosok Percaya Diri

Liputan6.com, Jakarta Percaya diri merupakan salah satu hal penting dala diri anak. Bayangkan jika anak selalu malu, rendah diri dan merasa tak punya kelebihan. Tentu akan sangat berdampak buruk pada perkembangan psikologisnya.

Ada aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama untuk membangun rasa percaya diri Si Kecil. Yaitu membuat daftar kekurangan dan kelebihan.

Cara ini pas untuk anak-anak usia sekolah dasar (SD). Di usia tersebut level kepercayaan diri anak sangat penting untuk menghadapi tekanan dari teman sebayanya seperti dilansir laman Mom Junction, Selasa (14/8/2018).

Siapkan kertas, pulpen, pensil warna, gunting, majalah/ koran bekas dan lem. Gunting kata-kata sifat dari majalah, seperti 'perhatian', 'baik', 'pendengar', 'tepat waktu', 'telat', 'tak disiplin', 'pemarah' dan masih banyak lagi.

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sifat positif dan negatif

Gunting kata sifat yang beragam baik yang positif maupun negatif sebanyak mungkin. Lalu mintalah buah hati untuk mendeskripsikan dirinya dalam secara kertas, baik dari hal positif maupun negatif.

Setelah itu mintalah ia fokus pada gambaran positif dari dirinya. Lalu cari kata-kata yang sesuai dengan dirinya dalam guntingan bekas koran/majalah. Tempel kata sifat yang positif tersebut pada kertas dan juga tempel foto buah hati.

Taruh foto anak di tengah dan tempel sifat positifnya di sekitar foto. Buatlah dalam karton besar dan tempel di kamarnya. Cara ini bisa membangkitkan kepercayaan diri dan memotivasinya untuk selalu mengembangkan kelebihan yang dimiliki.

 

Penulis: Mutia

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.