Sukses

10 Trik agar Tidur Nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Tidur membuat Anda merasa lebih baik. Mendapatkan waktu  tidur yang cukup adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Selain bermanfaat untuk jantung, berat badan dan pikiran, tidur juga bermanfaat untuk meremajakan semua sel dalam tubuh.

Kualitas tidur yang buruk merupakan penyebab utama hilangnya produktivitas. Selain itu, riset juga menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Namun, bagaimana jika Anda susah tidur? Adakah strategi tidur yang perlu diterapkan? Berikut beberapa trik guna mendapatkan tidur berkualitas yang harus dicoba di rumah, melansir laman Healthnewstips.

1. Pertahankan jadwal tidur teratur

Usahakan untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi, termasuk pada akhir pekan. Memang mungkin akan terasa sulit di awal, tetapi jika diterapkan setiap hari, Anda akan terbiasa.

2. Kamar tidur Anda harus nyaman

Kontrol suhu udara kamar Anda agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Disarankan juga untuk mematikan lampu saat tidur. Pastikan bantal dan tempat tidur Anda juga nyaman.

3. Buat rutinitas malam yang menenangkan

Rutinitas yang dimaksud seperti mandi air hangat atau meditasi sebelum tidur. Hal ini dapat membuat Anda lebih rileks dan lebih cepat tidur

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

 

2 dari 3 halaman

Hindari tidur siang

4. Jangan tidur siang

Kesalahan terbesar yang menyebabkan Anda tidak bisa tidur di malam hari adalah tidur siang. Selain mengakibatkan sulit tidur, tidur siang juga dapat merusak siklus waktu tidur di malam hari.

5. Gunakan terapi suara

Suara alam yang menenangkan, musik lembut seperti lonceng angin atau bahkan suara kipas angin dapat membangkitkan suasana hati yang damai dan membuat Anda mengantuk.

6. Tingkatkan serotonin

Minumlah susu hangat atau teh untuk meningkatkan serotonin di otak dan membantu Anda tidur lebih mudah.

7. Kamar tidur bebas teknologi

Selain mengganggu waktu tidur Anda, teknologi juga memancarkan jenis cahaya yang dapat merangsang otak untuk berpikir. Bawalah komputer, video game, TV, dan handphone Anda keluar dari kamar.

3 dari 3 halaman

Rutin olahraga

8. Olahraga secara rutin

Ini sangat bermanfaat untuk pengidap insomnia. Namun, ingatlah bahwa olahraga keras di malam hari dapat memberi energi dan membuat Anda tetap terjaga.

9. Pindahkan jam sehingga Anda tidak dapat melihatnya

Jika Anda terbangun di tengah malam, jangan melihat jam. Memeriksa waktu dapat membuat Anda merasa cemas. Hal ini dapat mengakibatkan Anda lebih sulit untuk kembali tidur.

10. Meditasi

Cobalah untuk rileks sebelum tertidur. Matikan teknologi dan relax, biarkan pikiran Anda beristirahat sampai Anda merasa siap untuk tidur. 

 

Penulis: Dara Elisabeth

DEBAT CAPRES: Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup Sesi 5

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Napi Buron Lapas Lambaro Tertangkap Saat Tidur di Rumah Istri