Sukses

3 Langkah Jitu Latih Anak Tidur Tepat Waktu

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan kebutuhan anak dalam fase tumbuh kembangnya. Namun terkadang diperlukan trik khusus agar anak memiliki jadwal tidur yang teratur. Simak tips melatih anak tidur sesuai jadwal, seperti yang dibagikan Mommy Vivian Fidal dari Babyologist berikut ini.

Hai Moms, sudah lama tidak berbagi cerita. Sekarang saya sudah berhasil membuat anak saya lebih cepat tidur dari biasanya. Sejak newborn hingga 16 bulan, anak saya selalu tidur di baby box.

Caranya: digendong pakai selendang terlebih dahulu, setelah tidur kurang lebih 15 menit di selendang, baru diletakkan di baby box. Sejak 17 bulan sampai sekarang 22 bulan, akhirnya anak saya berhasil tidur tanpa menggunakan selendang ataupun media lain. Saya letakkan dia di tilam, dikelilingi dengan pagar kesayangan Coby Haus Fence. Setelah 5 bulan saya jalankan baru bisa berhasil.

Saya hanya mau sharing, mungkin saja ada Moms di luar sana yang perlu tips seperti saya ini.

1. Jam tidur malam pasti akan kacau. Ini sudah dapat dipastikan

Saya meletakkan dia di tilam, dilapisi dengan kain selendang sekaligus saya gunakan untuk selimut. Lalu saya pok-pok sampai tidur, rentang waktu yang saya butuhkan adalah 1,5 jam sampai dia lelap.

2. Jam tidur sudah lumayan bisa diatasi, waktu paling cepat tidur itu 1 jam

Perlu diingat bahwa semua tidak bisa instan, harus ada yang dikorbankan, seperti waktu tidur malamnya pasti akan kacau, kita juga butuh tenaga ekstra untuk mendukungnya supaya terbiasa tidur di tempatnya. Saya letakkan dia di bantal, lalu saya berikan guling dan dipeluk, lalu saya pok-pok hingga tidur.

3. Ketika dia sudah mulai terbiasa dengan step 1 dan 2

Sampai sekarang, dia sudah otomatis mencari posisi bagaimana supaya dia nyaman untuk tidur, lalu akan terlelap dengan sendirinya.

Itu saya jalani kurang lebih 5 bulan, dan kini sudah berhasil. Dengan catatan: kita juga pura-pura tidur di sampingnya, dan harus cuek dengan tingkahnya. Jangan mengajak berbicara apalagi bermain.

 

Penampakan Hati Ayam Bertuliskan Angka dan Huruf di Kupang

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Waspadai Bahaya Kebiasaan Tidur dengan Rambut Masih Basah
Artikel Selanjutnya
Terungkap, Tidur Lebih Penting untuk Pertahankan Berat Badan