Sukses

Cara Mengobati Radang Tenggorokan dan Batuk yang Mengganggu dengan Bahan Alami dan Sederhana

Meski terdengar sepele, radang tenggorokan adalah penyakit yang sangat mengganggu. Terlebih jika Anda sedang berada pada aktivitas yang sangat padat serta tak bisa kompromi.

Jakarta Meski terdengar sepele, radang tenggorokan adalah penyakit yang sangat mengganggu. Terlebih jika Anda sedang berada pada aktivitas yang sangat padat serta tak bisa kompromi.

Pada zaman dahulu, orang-orang punya cara mengobati radang tenggorokan dengan berbagai resep herbal, alami, dan mudah ditemui di sekitar rumah. Hal ini masih bisa kita gunakan dan relevan di masa sekarang.

Radang tenggorokan biasanya merupakan istilah yang biasa digunakan orang awam untuk menyebut gejala sakit tenggorokan. Padahal tidak semua kasus sakit tenggorokan bisa disebut radang. Radang tenggorokan biasanya lebih disebabkan karena infeksi bakteri Streptococcus atau tonsillitis, yaitu inflamasi yang disebabkan oleh infeksi virus.

Sebagian besar kasus radang tenggorokan merupakan gejala awal flu dan bisa disembuhkan dengan bahan alami dalam waktu relatif singkat. Namun beberapa lagi menunjukkan gejala yang lebih serius dan perlu penanganan medis profesional.

Berikut ini akan kami tampilkan deretan cara mengobati radang tenggorokan level ringan dan sedang menggunakan bahan-bahan alami, seperti yang dilansir Liputan6.com pada Rabu (1/8/2018) dari rubrik SEHAT Merdeka.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara ampuh mengobati sakit radang tenggorokan dengan cepat dan alami

Bagaimana cara mengobati radang tenggorokan dengan bahan alami? Di bawah ini kami tampilkan beberapa tips yang bisa diterapkan.

  • Berkumur dengan air garam. Kumur-kumur dengan air hangat yang dilarutkan dengan garam dapat membantu membunuh bakteri penyebab radang.
  • Minum teh lemon madu. Teh lemon dengan beberapa sendok madu juga baik untuk membantu menyamankan tenggorokan. Lemon dapat membantu memecah lendir dan air panas akan melemaskan otot tenggorokan. Sementara vitamin C dan madu akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan serangan bakteri dan virus penyebab radang.
  • Minum susu kunyit. Susu hangat dengan sejumput kunyit bubuk merupakan obat tradisional untuk melawan infeksi dan penyakit yang diperparah dengan lemahnya kekebalan tubuh, termasuk radang tenggorokan. Itu karena kunyit memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi.
  • Minum banyak air mineral. Tubuh yang terhidrasi dengan baik merupakan syarat untuk melawan infeksi. Karena itu pastikan kebutuhan cairan selalu tercukupi dengan air mineral. Selain itu cairan juga menjaga agar selaput lendir senantiasa lembap agar iritasi tenggorokan dan batuk tidak bertambah parah.
  • Konsumsi bawang putih mentah. Bawang putih merupakan antibiotik dan obat anti-inflamasi alami. Jadi kunyahlah sebutir untuk mendapatkan khasiatnya.

Itulah cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat menggunakan bahan-bahan alami.

3 dari 6 halaman

Cara mengobati radang tenggorokan pada bayi dan anak-anak secara tradisional

Sakit tenggorokan biasanya membuat anak kehilangan nafsu makan dan stamina. Walaupun begitu kita tidak bisa memberikan sembarang obat untuk mereka. Lalu bagaimana cara mengobati radang tenggorokan pada anak-anak secara tradisional? Berikut ini beberapa tipsnya yang dilansir dari Ask Dr. Sears.

  • Kumur dengan larutan garam. Untuk anak-anak di atas 5 tahun, cobalah agar mereka mau berkumur dengan larutan garam. Tidak perlu terlalu pekat, larutkan saja 1/4 sendok makan garam dengan 250 ml air hangat.
  • Teh hangat dan madu. Teh encer yang masih hangat bisa menyamankan tenggorokan anak. Sementara madu akan meningkatkan sistem kekebalan mereka terhadap virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.
  • Kaldu ayam kampung dan bawang putih. Sup encer yang dibuat dari kaldu ayam kampung dan bawang putih juga baik untuk radang tenggorokan. Zat besi dari ayam dan sifat anti-bakteri serta anti-inflamasi bawang putih akan membantu meredakan infeksi dan membersihkan saluran pernapasan.
4 dari 6 halaman

Cara mengobati radang tenggorokan dan batuk

Radang tenggorokan kerap disertai batuk yang menyiksa. Entah itu batuk berdahak atau batuk kering yang membuat tenggorokan terasa semakin sakit. Keduanya merupakan gejala yang umum untuk influenza. Bagaimana cara mengobati radang tenggorokan seperti ini?

Berikut ini kami tampilkan cara mengobati radang tenggorokan dan batuk yang disebabkan karena influenza.

  • Konsumsi bawang putih. Kunyah bawang putih di malam hari agar tenggorokan terasa lega keesokan harinya.
  • Minum air jahe. Jahe bisa membantu membunuh bakteri dan menyapu lendir yang membuat tenggorokan tak nyaman.
  • Makan buah pisang. Pisang kaya akan vitamin, vitamin B6, kalium, dan kalsium yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab radang serta batuk.
  • Minum sesendok madu. Larutkan madu dengan air hangat atau konsumsi langsung untuk mengobati radang tenggorokan secara alami.
  • Minum jus kiwi. Kiwi kaya akan kandungan protein yang dapat menyingkirkan batuk kering akibat infeksi tenggorokan.
5 dari 6 halaman

Cara mengobati radang tenggorokan pada ibu hamil

Sama seperti bayi dan anak-anak, ibu hamil juga tidak bisa sembarang meminum obat. Lebih baik jika sakit tenggorokan yang diderita oleh calon ibu dirawat dengan dengan bahan-bahan alami yang ringan. Bagaimana cara mengobati radang tenggorokan yang baik untuk ibu hamil?

Ini berbagai cara mengobati radang tenggorokan pada ibu hamil dengan bahan-bahan alami.

  • Konsumsi yogurt. Yogurt mudah dikonsumsi dan mengandung bakteri baik yang bisa membantu tubuh untuk melawan bakteri jahat penyebab radang.
  • Minum jus wortel. Dilansir Boldsky, Jus wortel dengan vitamin A dan vitamin C di dalamnya ampuh untuk meringankan sakit di tenggorokan.
  • Konsumsi jus pisang. Jus pisang akan membantu meredakan radang tenggorokan dan meningkatkan stamina pada ibu hamil.
  • Menghirup teh chamomile. Teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan menyejukkan tenggorokan. Selain itu aromanya juga bisa membuat ibu hamil lebih tenang. Sementara antioksidannya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
6 dari 6 halaman

Cara mengobati radang tenggorokan akut yang sudah parah

Menurut Dr. Carol DerSarkissian, rasa sakit di tenggorokan biasanya merupakan gejala influenza dan cepat sembuh. Jika sakit tenggorokan berlangsung lama dan semakin parah, kemungkinan besar ini adalah strep throat, radang tenggorokan yang disebabkan bakteri streptococcus. Bisa juga gejala tonsillitis atau yang biasa disebut radang amandel.

Pertolongan pertama untuk sakit tenggorokan akut seperti ini adalah jahe atau kumur dengan larutan air garam. Tetapi kondisi seperti ini sebaiknya diserahkan kepada dokter agar bisa didiagnosis secara tepat dan mendapatkan pengobatan yang sesuai pula. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk mengobati radang seperti ini.

Meski demikian, hal yang paling pantang dilakukan adalah mengobati diri sendiri dengan antibiotik tanpa resep dokter. Selain ada risiko alergi terhadap salah satu jenis antibiotik yang tidak diketahui, terdapat juga risiko tubuh Anda menjadi resisten terhadap antibiotik. Demikian cara mengobati radang tenggorokan yang bisa Anda terapkan di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini