Sukses

Alasan Inikah yang Mengilhami Dongeng Putri Tidur?

Pernah mendengar dongeng putri tidur, tentang seorang gadis yang tidur sangat pulas dan tak bisa dibangunkan?

Liputan6.com, Selandia Baru Pernahkah Anda mendengar dongeng Putri Tidur, tentang putri cantik yang tertidur sampai bertahun-tahun, dan tak bisa dibangunkan. Rupanya, ada alasan ilmiah yang mungkin menghilhami dongeng ini. 

Sebuah studi menemukan, wanita tidur lebih nyenyak daripada pria. Bahkan walaupun wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur.

Hasil penelitian yang dilakukan Universitas WA dipresentasikan pada konferensi tahunan Australasian Sleep Association di Selandia Baru minggu ini, dilansir dari Perth Now, Rabu (25/10/2017).

Peneliti Kathleen Maddison mengatakan, penelitian ini dilakukan terhadap 755 pria dan wanita, yang berusia 22 tahun. Penelitian memberikan gambaran mengenai perbedaan jenis kelamin untuk tidur.

Data menganalisis seberapa besar jumlah waktu dan kualitas tidur yang diperoleh. Penelitian tersebut menemukan, wanita rata-rata lima menit lebih lama tidur dibandingkan pria.

"Ada sedikit penelitian yang menunjukkan, wanita punya tingkat kecemasan sedikit lebih tinggi karena mereka memikirkan banyak hal, seperti pekerjaan dan lainnya. Tapi secara keseluruhan, tidur wanita lebih baik. Bahkan jika sudah masuk ke tahap tidur lebih dalam (tidur nyenyak), maka akan sulit untuk dibangunkan," jelas dr. Maddison.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaruh kadar glukosa

Dr. Maddison mengungkapkan, adanya perbedaan gender pada kualitas tidur dikaitkan dengan glukosa sebagai sumber bahan bakar utama untuk otak.

Meskipun otak wanita umumnya lebih kecil daripada pria, mereka cenderung punya kebutuhan glukosa yang lebih tinggi.

"Tidur memberikan otak kesempatan untuk memulihkan metabolik. Kemungkinan wanita tidur lebih nyenyak, faktor utamanya karena adanya glukosa yang tinggi itu," tambah Maddison.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.