Sukses

3 Cara Manfaatkan Daun Pisang pada Makanan

Selain membuat nikmat, ini tiga cara memanfaatkan daun pisang pada makanan.

Liputan6.com, Jakarta Pohon pisang tumbuh dengan subur di negara kita, sehingga tak heran daun pisang dimanfaatkan dengan beragam cara. Salah satunya sebagai pembungkus makanan.

Makanan yang dibungkus atau dialasi daun pisang memiliki aroma khas yang nikmat. Nah, berikut tiga cara memanfaatkan daun pisang pada makanan seperti mengutip The Spruce, Rabu (14/6/2017).

1. Pembungkus saat mengukus atau memanggang

Daun pisang bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus. Beda halnya dengan alumunium foil yang tidak berpori, daun pisang berpori. Sehingga cairan dari makanan bisa merembes. Pastikan meletakkan alas sebelum memasak agar cairan tersebut tidak berantakan. 

Bagi Anda yang membakar atau memanggang makanan berbungkus daun pisang, satu kelebihan yang bakal didapat yakni aroma yang nikmat. Hal ini tidak bisa didapatkan dari pembungkus makanan lainnya.

2. Alas makan

Daun pisang bisa digunakan sebagai alas atau "piring" saji aneka makanan. Bersihkan daun pisang, lalu potong dan bentuk sesuai keinginan. Lalu masukkan aneka makanan seperti salad, nasi, ikan, atau hidangan lainnya.

Bisa juga menjadikan daun pisang sebagai alas piring atau mangkok. Hal ini akan menambah sentuhan keindahan piring Anda.

3. Piring makan besar

Nasi Liwet Beralas Daun Warung Teteh

Banyak restoran kini menjadikan satu lembar daun pisang utuh sebagai piring. Sehingga aneka makanan mulai dari nasi, lauk, sayur, bisa langsung diletakkan di atasnya. Lima hingga tujuh orang bisa makan bersama di satu 'piring' daun pisang ini.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.