Sukses

Perlunya Bawa Kamera Saat Liburan

Proses memotret selama liburan dapat meningkatkan rasa bahagia dan meningkatkan seseorang untuk menikmati momen liburan.

Liputan6.com, Jakarta Gawai yang semakin canggih membuat individu mudah mengabadikan setiap momen selama liburan. Studi terbaru pun mengungkap kebiasaan memotret saat liburan dapat meningkatkan perasaan senang juga salah satu cara unutk menikmati liburan.

Tim yang berisikan psikolog dari University of Southern California, Yale University dan University of Pennsylvania melakukan penelitian bagaimana pengaruh foto dengan kenikmatan dan pengalaman liburan kepada 2.000 peserta penelitian.

"Kami menunjukkan bahwa mengambil foto dapat meningkatkan kenikmatan pengalaman liburan dan meningkatkan keterlibatan hubungan dengan lingkungan sekitar," ujar penulis studi Kristin Diehl, Gal Zauberman dan Alixandra Barasch. Dikutip dari Times of India, Rabu (15/6/2016).

Dalam percobaan, individu diminta untuk berpartisipasi dalam kegiatan dan diperintahkan untuk mengambil foto selama kegiatan berlangsung. Setelah itu, peserta menjawab pertanyaan perihal tingkat kesenangan dan keterlibatan pengalaman mereka dalam kegiatan tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa hampir semua dari peserta yang mengambil foto melaporkan tingkat yang lebih tinggi dalam menikmati sesi liburan. Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi seseorang untuk menikmati liburan, lanjut peneliti adalah sejauh mana individu terlibat dengan suasana liburan juga orang-orang yang hadir di sekitar.

Proses mengambil foto pun dinilai sebagai cara menikmati liburan yang alami--sehingga individu dapat dengan peka meresapi momen liburan yang menjadi pengalaman menyenangkan.

Studi ini diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.