Sukses

Perawatan Rambut Usai Renang

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas menyenangkan seperti berenang akan berubah menjadi faktor perusak rambut bila tidak mengetahui perawatan yang baik. Air yang mengandung klorin dan gesekan antara gelombang air dengan rambut dapat memicu kerusakan rambut.

Berikut ini tips sederhana untuk menjaga kesehatan rambut sebelum dan sesudah melakukan aktivitas yang satu ini, dikutip Curlynikki, Rabu (5/3/2014):

Langkah Pertama :


Bilas rambut dengan air keran sebelum menceburkan diri ke kolam renang.  Ketika rambut dilapisi air bersih maka dapat mencegah penyerapan senyawa klorin pada air kolam renang masuk ke dalam batang rambut.

Langkah Kedua:


Setelah membasahi rambut dengan air bersih, jangan melupakan serum rambut untuk membantu melindungi rambut dari gesekan gelombang air.

Langkah Ketiga :


Upaya yang satu ini lebih mudah yaitu dengan menggunakan topi khusus renang. Penutup kepala yang ketat itu dapat menutup akses atau jalan masuknya air yang sudah tercampur klorin. Jangan biarkan juga rambut terlalu lama disekap dalam penutup kepala, biarkan pori-pori kulit kepala bernapas dengan sesekali melepaskan di pinggir kolam.

Langkah Keempat :


Setelah selesai renang, bilas kembali dengan air bersih, biarkan mongering dengan sendirinya. Dapat menggunakan handuk lembut untuk membantu mengeringkannya.

Langkah Kelima :


Selalu mencuci rambut usai renang dengan shampoo yang cocok dengan jenis kulit Anda. Hal ini dapat membantu menghilangkan klorin dan mineral negative yang berasal dari air kolam. Pilih shampoo dengan kandungan asam fitat atau EDTA yang dapet membantu pembersihan rambut.

Langkah Keenam :
Luangkan waktu untuk melakukan perawatan khusus untuk menjaga kondisi rambut agar tetap terjaga kesehatan dan kekuatannya. Hindari berenang dengan kondisi cuaca yang terlalu panas serta batasi penggunaan hair dryer atau alat pengering rambut untuk menghindari masalah rambut kering dan bercabang. (Mia/)