Sukses

Tinjau Akomodasi Jemaah Haji, Ini Permintaan Menag

Dalam peninjauan, Menag salah satunya mengunjungi dua hotel yang akan ditempati jemaah haji Indonesia, yakni Hotel Coral al Madinah dan Hotel Huzamah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin meninjau layanan akomodasi bagi jemaah haji di Madinah pada Kamis (30/5/2019) ini. Salah satunya, mengunjungi dua hotel yang akan ditempati jemaah haji Indonesia, yakni Hotel Coral al Madinah dan Hotel Huzamah.

Ikut mendampingi, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar, Sesditjen PHU Ramadan Harisman, dan jajaran Kantor Urusan Haji (KUH).

"Hari ini saya meninjau hotel yang akan ditempati jemaah haji Indonesia saat di Madinah. Alhamdulillah, hotel sangat bagus. Saya minta kondisi hotel yang bagus tersebut dipertahankan sampai ditempati jemaah haji Indonesia," ujar Menag di Madinah.

Hotel Coral al Madinah terletak di bagian utara Masjid Nabawi (Janubiah). Hotel ini hanya jarak 50 meter dari Masjid Nabawi dengan kapasitas sewa 800 pax dengan sistem sewa Blocking Time. Karena kualitas layanan tahun sebelumnya bagus, hotel ini kembali disewa (repeat order).

Sementara Hotel Khuzamah, memiliki kapasitas sewa mencapai 700 pax. Hotel ini juga disewa dengan sistem blocking time. "Tadi saya lihat sejumlah hotel yang disewa memiliki puluhan suite room. "Saya minta itu bisa dimaksimalkan untuk layanan kesehatan di kloter," sambungnya.

Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis yang ikut mendampingi Menag menambahkan bahwa tahun ini ada 111 hotel yang disewa di Madinah. Sebanyak 60 hotel disewa full musim, 51 hotel disewa blocking time.

"Semua hotel minimal bintang tiga, bahkan ada banyak juga yang setara bintang empat dan lima," tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinjau Dapur Katering

Selain hotel, Menag juga meninjau kesiapan dapur yang akan melayani katering jemaah haji Indonesia. Salah satunya adalah Dapur Andalus.

Dapur tersebut, tahun ini akan melayani konsumsi bagi 18.000 jemaah haji Indonesia di Madinah. Dari 15 dapur yang dikontrak di Madinah, Andalus adalah dapur yang terbesar kedua setelah Ahmadi.

Di Andalus, Menag berdialog dengan Maman, salah satu chef yang berasal dari Purwakarta, Jabar. Maman sudah 10 tahun bekerja di dapur katering Madinah.

"Apakah ada kesulitan dalm pelayanan konsumsi kepada jemaah selama ini," tanya Menag.

Maman mengungkapkan ada beberapa kendala, misalnya: keterbatasan bahan baku, seperti ikan patin. Kemudian pada tahun lalu ada kesulitan katering masuk hotel bintang 5.

Kesulitan lainnya jika ada 1 kloter yang jemaahnya terpecah di dua hotel sehingga membutuhkan tambahan tenaga dan peralatan.

Merespon hal itu, Menag meminta kepada Kantor Urusan Haji (KUH) agar ketentuan yang termaktub dalam kontrak disosialisasikan kepada petugas penyedia katering yang bekerja di lapangan.

"KUH harus mensosialisasikan aturan yang ada dikontrak sehingga tidak terjadi kesalahpahaman di lapangan dan potensi kendala bisa diantisipasi sejak awal," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini