Sukses

Calhaj Kloter Pertama Asal Tegal Masuk Asrama Haji Donohudan

Liputan6.com, Boyolali Sebanyak 359 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Solo asal Kabupaten Klaten telah masuk Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Senin (16/7/2018). Jemaah haji kloter awal tersebut akan terbang menuju Tanah Suci pada Selasa pagi, 17 Juli 2018, besok.

Ratusan jemaah haji dari Kabupaten Tegal tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, sekitar pukul 08.00 WIB. Selanjutnya, dilakukan upacara penyambutan kepada para jemaah haji kloter pertama itu sekitar pukul 09.00 WIB.

Setelah itu, jemaah haji kloter pertama langsung menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim medis. Kemudian, mereka pun langsung masuk ke pemondokan di gedung Makkah dan Madinah untuk istirahat.

Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Afief Mundzir mengatakan jumlah jemaah haji kloter pertama mencapai 349 orang. Mereka berasal dari Kabupaten Tegal. Rencananya jemaah haji kloter pertama itu akan menjalani prosesi pelepasan haji di asrama pada Selasa dini hari nanti.

"Jemaah haji kloter pertama itu masuk ke asrama pada pukul 08.0 WIB. Setelah istirahat, rencananya nanti pada Selasa dini hari sekitar pukul 01.00 WIB akan dilakukan upacara pelepasan haji," kata Arief di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. 

Menurut Afief, setelah prosesi upacara pelepasan, para jemaah haji akan diberangkatkan menuju Tanah Suci pada Selasa pagi. Kloter pertama akan terbang dari Bandara Adi Soemarmo sekitar pukul 05.34 WIB.

Selama musim haji, Afief menjelaskan bahwa Embarkasi Solo akan memberangkatkan 95 kloter. Jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci melalui Embarkasi Solo berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Untuk pemberangkatan haji tahun 2018, jumlah jemaah haji mencapai 34.112 jemaah. Jumlah itu terbagi ke dalam 95 kloter," kata Arief.

Simak video pilihan berikut di bawah :

Artikel Selanjutnya
Musim Haji Segera Dimulai, Bamsoet Minta Sistem Baru Permudah Jemaah
Artikel Selanjutnya
Senam Peregangan di Pesawat untuk Jemaah Haji