Sukses

Gempa Kembali Mengguncang Gujarat

Gempa susulan berkekuatan 5,9 skala richter kembali mengguncang Gujarat, India. Meski demikian, pencarian korban masih dilakukan.

Liputan6.com, Gujarat: Warga Kota Ahdemabad, Gujarat, India, kembali panik. Pasalnya, gempa berkekuatan 5,9 skala richter kembali mengguncang kota tersebut, Ahad (28/1). Rasa was-was bukan tak beralasan. Sebab, sebelumnya sudah 87 kali tejadi gempa susulan dengan skala yang lebih kecil di kawasan tersebut. Berdasarkan perkiraan Lembaga Seismolog India, dalam beberapa hari mendatang, Gujarat masih bakal diguncang gempa susulan.

Sejauh ini, jumlah korban tewas dilaporkan mencapai 20 ribu jiwa. Bahkan, diperkirakan akan terus bertambah. Maklum, usaha pencarian masih terus dilakukan tim penyelamat dalam negeri yang dibantu regu penolong internasional. Sayangnya, upaya ini mengalami sedikit hambatan: pengamanan di areal bencana masih sangat lemah, sehingga membahayakan regu penolong.

Sebuah kejadian menarik terjadi ketika warga setempat marah dan melempari sebuah truk lantaran pengemudinya menolak meminjamkan kendaraannya kepada regu penolong Turki. Itu sebabnya, regu penolong internasional kerap mengeluh.

Sementara itu, di Kota Bhuj, tim penyelamat berhasil menolong seorang wanita berusia 40 tahun. Wanita itu lolos dari maut setelah terperangkap dalam reruntuhan gedung selama tiga hari. Upaya itu membuat regu penolong optimistis bahwa masih banyak korban hidup yang masih terperangkap reruntuhan. Lantaran itulah tim penyelamat kembali mengangkat puing-puing bangunan dengan lebih hati-hati.(AWD/Rya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.