Sukses

Kisah Pilu Anjing Tua Diadopsi 28 Hari, Berakhir Disuntik Mati karena Sakit

Seorang wanita yang mengadopsi seekor anjing tua ini menghabiskan waktu selama 28 hari sebelum anjing tersebut mati.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Kate Schakols pertama kali melihat Rooster seekor anjing coklat varietas Lab mix yang diadopsi keluarganya pada Juni 2020, dia tahu Rooster harus pulang bersamanya.

"Saya sangat jatuh cinta," katanya ke PEOPLE secara eksklusif seperti dikutip Sabtu (4/5/2024). "Dia hanyalah salah satu anjing tercantik yang pernah saya lihat, luar dan dalam."

Pada saat Rooster diadopsi, Kate Schakols mengatakan penyelamat, Gulf Coast STARS, memperkirakan dia berusia 10-12 tahun dan mengomunikasikan riwayat kesehatannya semampu mereka.

Daftar tersebut mencakup "benjolan jinak, cacing hati dan kutu yang telah berhasil diobati, katarak di mata kirinya yang menyebabkan kebutaan, dan bantalan siku serta sebagian besar giginya rusak karena menggali beton untuk mencari makanan," katanya. 

Karena keadaan Rooster, Kate ingat bagaimana dia dan keluarganya harus membuat kibble-nya (makanannya) lebih lembut dengan menambahkan air yang panas sebagai upaya yang menurutnya 'sangat berharga'. 

"Saya tidak akan pernah bisa membalas Rooster atas banyaknya kegembiraan dan cinta yang dia berikan dalam hidup saya," katanya.

Tak disangka, hanya dalam 28 hari kemudian Kate Schakols dan keluarganya harus mengucapkan selamat tinggal kepada Rooster karena dia menderita "dog bloat" – suatu kondisi yang menurut dokter muncul tanpa alasan yang jelas.

"Dokter hewan mengonfirmasi bahwa kami tidak bisa berbuat apa-apa, namun bagi saya hal itu hanya menambah perasaan tidak berdaya," katanya.

"Menjadi jelas bahwa satu-satunya hal yang benar untuk dilakukan adalah memilih euthanasia alias suntik mati- adalah tindakan yang bertujuan untuk menghilangkan penderitaan dengan mengakhiri hidupnya, yang manusiawi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kisahnya Viral di Tiktok

Dalam tayangan slide foto yang dibagikan ke TikTok dan telah dilihat lebih dari 40 juta kali, Kate Schakols menceritakan kisah dirinya dan Rooster yang dimulai dari pertemuan keduanya.

Dalam video tersebut menunjukkan Rooster dengan anjing keluarga mereka yang lain, Bailey, yang menurut Kate Schakols menjadi teman Rooster dan bahkan menyerupai beberapa tingkah laku Rooster setelah anjing itu mati.

Video tersebut dinarasikan melalui teks di setiap foto dari sudut pandang yang memuat perasaan memilukan seperti "tapi menurutku aku paling mencintai ibuku. Saya harap dia tahu. Dia mencintaiku lebih dari siapa pun."

"Dia tampaknya tidak peduli bahwa saya tidak dapat melihat dengan baik, bahwa bulu dan gigi saya hilang, dan saya sudah tua dan memiliki banyak benjolah," teks tersebut berlanjut di foto berikutnya "Dia bilang saya cantik setiap hari."

Saat dia mulai menjelaskan bagaimana hari terakhir Rooster berlangsung, Kate menulis, "Saya pikir ini waktunya untuk pergi. Aku harap ibuku baik-baik saja. Saya bisa mendengarnya menangis dan memohon kepada Tuhan untuk tidak membawa saya."

"Sudah waktunya bagi kita untuk mengucapkan selamat tinggal. Saya tahu ibu saya sedih, tapi saya berharap dia tahu ini adalah 28 hari terbaik dalam hidup saya," tambahnya. 

3 dari 4 halaman

Rooster Pergi untuk Selamanya

Kate ingat bahwa dia tidak bisa di dalam ruangan Rooster ketika anjing tersebut akhirnya mengembuskan nafas terakhirnya, hal tersebut dikarenakan protokol COVID. Kate juga menceritakan rasa sakitnya saat melihatnya Rooster 'terguling'. 

Meskipun kehilangan Rooster meninggalkan dampak jangka panjang pada Kate dan keluarganya, dia mengatakan memilih untuk berbagi pengalamannya di media sosial untuk menyadarkan "stigma seputar kesedihan karena kehilangan hewan peliharaan."

"Yang saya inginkan dari cerita saya adalah mendorong orang-orang untuk memahami bahwa kehilangan hewan peliharaan adalah hal yang wajar dan merupakan bentuk kesedihan yang nyata," katanya sambil menambahkan bahwa dia juga termotivasi oleh kecintaannya pada hewan dan ingin membaginya dengan dunia. 

4 dari 4 halaman

Mengadopsi Kucing Bernama Archie dan Millie

Setelah pindah dari rumah keluarganya pada tahun 2021, Kate mengadopsi seekor kucing senior bernama Archie, yang dia sebut sebagai "salah satu cinta dalam hidupku."

Tahun berikutnya, dia memutuskan untuk menyambut anak anjing lain ke dalam hidupnya dan mengadopsi Millie, yang dia gambarkan sebagai "ras campuran yang tidak dikenal."

"Dia gagah, aktif, ceria, manis, dan sangat setia. Dia menyayangi anjing dan manusia lain dan secara umum sangat penyayang dan penyayang," katanya tentang 'anaknya' yang berusia 8 tahun.

"Wajah kecilnya yang manis membuatku terpesona setiap saat."

Meskipun dia telah memberikan ruang di rumah dan hatinya untuk lebih banyak hewan peliharaan dalam hidupnya, akan selalu ada tempat khusus untuk Rooster.

"Ikatan yang saya miliki dengan Rooster tidak nyata," katanya. "Saya belum pernah merasakan hubungan spesifik seperti itu sebelumnya, dan jelas bagi semua orang bahwa dia telah memilih saya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini