Sukses

5 Tanda Anjing Mempercayai Anda Menurut Dokter Hewan

Ketika Anda memiliki hewan peliharaan, hubungan saling percaya adalah dasar dari ikatan Anda. Anjing, khususnya, ketika mereka melihat kepada pemiliknya menunjukkan bahwa mereka merasa aman

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda memiliki hewan peliharaan, hubungan saling percaya adalah dasar dari ikatan Anda. Anjing, khususnya, ketika mereka melihat kepada pemiliknya menunjukkan bahwa mereka merasa aman.

Satu hal yang membuat anjing begitu istimewa adalah kesetiaan mereka terhadap pemiliknya. Mereka sering kali mengembangkan ikatan yang kuat dengan manusia, siapapun yang merawat mereka, dan siapapun yang memperlakukan mereka dengan baik.

Kesetiaan ini membuat anjing menjadi hewan yang sangat diandalkan dan dapat memberikan dukungan emosional yang besar bagi pemiliknya.

Mereka sering beradaptasi dengan baik dalam berbagai lingkungan dan dapat dengan mudah berinteraksi dengan orang-orang dan hewan peliharaan lainnya. Hal ini membuat mereka menjadi teman yang menyenangkan bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Anjing juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi pemiliknya. Berjalan-jalan dengan anjing secara teratur dapat membantu meningkatkan kebugaran fisik, mengurangi stres, dan meningkatkan suasana hati.

Faktanya, penelitian terbaru tampaknya menunjukkan bahwa cara lama dalam memelihara anjing yang berpusat pada dominasi sebenarnya memberikan ketidakpercayaan pada anjing peliharaan Anda.

Jadi, para ahli sekarang merekomendasikan untuk membangun hubungan dengan hewan peliharaan Anda dengan membangun rutinitas, sekaligus mempelajari dan menghormati isyarat hewan tersebut.

Bagaimana kita tahu bahwa cara tersebut akan berhasil? Hal ini terjawab oleh Adam Christman, DVM, MBA, seorang dokter hewan dan content creator, menjelaskan dalam postingan TikTok-nya baru-baru ini bahwa ada lima tanda utama bahwa anjing Anda benar-benar mempercayai Anda.

Dan berikut ialah penjelasan mengenai 5 tanda tersebut, melansir dari Best Life, Senin (22/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mereka mempelajari rutinitas yang anda lakukan

Jika anjing Anda tampaknya mengetahui dan mengikuti rutinitas Anda untuk memberi makan, berjalan-jalan, dan tidur, ini merupakan pertanda yang cukup baik bahwa mereka mempercayai Anda sebagai pemimpin mereka.

Karena mereka akan mengandalkan Anda dalam memenuhi kebutuhan dasar untuk bertahan hidup, mereka merasa sangat aman karena mengetahui bahwa Anda akan memberikan hal-hal tersebut sesuai jadwal yang dapat diprediksi.

Christman mengatakan bahwa ini adalah alasan yang baik untuk memilih rutinitas karena itu akan memiliki arti “Setelah rutinitas Anda ditetapkan, mereka akan percaya bahwa Anda telah menepati janji Anda."

3 dari 6 halaman

2. Mereka seringkali mengambil sepatu Anda

Selanjutnya, Christman mengatakan bahwa ketika anjing Anda selalu mencuri sepatu yang Anda miliki, ini adalah tanda lain dari kepercayaan dan kedekatan.

Ya, banyak anjing yang senang mengunyah sepatu pemiliknya, para ahli menjelaskan bahwa anjing melakukan hal tersebut dikarenakan sepatu itu memiliki aroma yang sangat mirip dengan pemiliknya, yang mungkin hal itulah yang membuat mereka merasa nyaman.

4 dari 6 halaman

3. Anda memahami bahasa tubuh mereka

Karena anjing tidak dapat menggunakan kata-kata untuk berkomunikasi dengan kita, maka sangat penting untuk memperhatikan bahasa tubuh mereka.

Ketika Anda memperhatikan apakah mereka mendekat atau menjauh dan menunjukkan rasa hormat terhadap batas-batas fisik mereka, hal ini akan membantu untuk mereka merasa aman.

"Semakin Anda membaca bahasa tubuh mereka, maka rasa kepercayaan mereka pada Anda akan semakin kuat," kata Christman.

5 dari 6 halaman

4. Mereka tidur di kasur Anda

Tempat tidur anjing Anda juga dapat menunjukkan apakah mereka mempercayai Anda atau tidak.

"Apakah mereka tidur bersama dengan Anda di kamar atau tidak? Apabila jawabanya ya, anggap saja itu sebagai hadiah, karena mereka akan tidur di tempat yang membuat mereka merasa aman," kata Christman.

Tentu saja, banyak anjing yang akan tidur dimana pun sesuai dengan dimana Anda meletakkan kasur mereka.

Jika Anda ingin membangun kepercayaan dengan mereka, pertimbangkanlah untuk menyimpan kasur mereka di kamar Anda, agar mereka belajar untuk merasa paling aman di dekat Anda.

6 dari 6 halaman

5. Mereka sering melakukan kontak mata kepada Anda

Yang terakhir, jika anjing peliharaan menatap mata Anda, ini bisa menjadi pertanda baik karena itu artinya mereka merasa aman di hadapan Anda.

"Salah satu cara anjing menjalin ikatan dengan Anda adalah melalui kontak mata. Hal ini membantu menciptakan kepercayaan," kata Christman.

American Kennel Club menjelaskan sama halnya seperti manusia yang menatap mata satu sama lain untuk menunjukkan kekaguman, anjing juga akan menatap pemiliknya untuk mengekspresikan kasih sayang.

Faktanya, saling menatap antara manusia dan anjing melepaskan oksitosin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan.

Zat kimia ini memainkan peran penting dalam ikatan dan meningkatkan perasaan cinta dan kepercayaan. Hormon yang sama dengan ketika seorang ibu baru melihat bayinya juga dipicu ketika Anda melihat anjing Anda.

Namun, jika anjing peliharaan tersebut baru saja datang dalam keluarga Anda, terlalu banyak kontak mata dapat memberikan efek sebaliknya, yaitu mengintimidasi mereka.

Biarkanlah anjing Anda secara alami mengenal Anda sampai mereka merasa aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.