Sukses

14 Contoh Ucapan Selamat Idul Fitri dari Bahasa Jerman hingga Swahili

Idul Fitri 1445 H telah tiba, di Indonesia umat muslim saling mengucapkan selamat Idul Fitri atau Lebaran ke keluarga, teman atau kerabatnya. Ini contoh ucapan selamat Idul Fitri dari berbagai negara asing.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan salah satu hari raya penting yaitu Idul Fitri 1445 H. Sebuah perayaan yang dinantikan oleh seluruh umat muslim karena sudah berhasil menyelesaikan puasa Ramadhan sebulan penuh.

Berdoa, bertukar salam dan ucapan, serta berkumpul dengan keluarga dan teman-teman merupakan hal yang paling ditunggu saat Idul Fitri.

Cara orang merayakan hari raya pun bervariasi dari satu negara ke negara lain dan dari satu budaya ke budaya lain. Begitu juga dengan ucapan yang disampaikan, juga bervariasi dari satu individu ke individu lainnya, karena perbedaan bahasa dan kebiasaan.

Salam yang paling umum dan populer untuk keluarga dan teman selama idul fitri adalah 'Eid Mubarak'. Ketika Anda mengucapkan Eid Mubarak kepada seseorang, itu berarti "Selamat hari raya yang diberkahi"

Meskipun begitu, banyak negara memiliki cara unik mereka sendiri untuk mengucapkan selamat kepada satu sama lain selama Idul Fitri.

Berikut beberapa ucapan selamat Idul Fitri dalam berbagai bahasa yang dapat Anda gunakan untuk mengucapkan selamat ke kerabat dan teman-teman Anda, mengutip newscentral.africa, Kamis (11/4/2024):

1. Bahasa Arab

Ucapan selamat idul fitri (Unsplash/Mayank Baranwal)

Dalam bahasa Arab, frasa tersebut adalah "عيد مبارك," atau Eid Mubarak yang diterjemahkan menjadi "hari raya yang diberkati."

Ucapan ini biasa digunakan oleh umat Muslim di sebagian besar belahan dunia.

2. Bahasa China

Tiongkok memiliki populasi Muslim yang lumayan tinggi, terutama di wilayah barat dan di antara suku Uighur, Xinjiang, barat laut China.

Dalam bahasa Mandarin, Anda dapat mengungkapkan harapan yang sama dengan mengucapkan "节日快乐" (jié rì kuài lè), yang berarti "Selamat hari raya." Ini adalah ucapan umum yang digunakan untuk berbagai hari libur, termasuk Idul Fitri.

Ilustrasi Idul Fitri, Idulfitri, Lebaran. (Image by user13039047 on Freepik)

 

3. Bahasa Hausa (Afrika Barat)

Dalam bahasa Hausa, ucapan tradisional untuk Idul Fitri adalah "Barka da Sallah," yang berarti "Selamat Idul Fitri."

Ucapan ini biasanya digunakan oleh umat Muslim di Nigeria, Ghana Utara, Niger, dan wilayah lain di Afrika Barat selama Idul Fitri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Bahasa Jerman

Ucapan tradisional untuk Idul Fitri dalam bahasa Jerman adalah "Frohes Eid" yang berarti "Selamat Idul Fitri".

Ungkapan ini biasa digunakan oleh umat Muslim di Jerman, Austria, dan wilayah berbahasa Jerman lainnya.

5. Bahasa Somali

Bahasa Somali adalah bahasa yang digunakan di Somalia, sebuah negara yang terletak di Tanduk Afrika. Di Somalia, "Idul Fitri" diucapkan sebagai "Ciid wanaagsan," yang diterjemahkan menjadi "Selamat Idul Fitri." Ucapan ini biasa digunakan oleh umat Muslim di Somalia.

 

<p>Ilustrasi ucapan, Idul Fitri. (Photo on Freepik)</p>

 

6. Bahasa Indonesia

Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, dan Idul Fitri adalah festival penting di negara ini.

Orang Indonesia mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri." saat mengucapkan ke satu sama lain.

7. Bahasa Jepang

Dalam bahasa Jepang, ucapan tradisional untuk Idul Fitri adalah "イード ムバラク" (Idul Fitri), yang mirip dengan ucapan dalam bahasa Arab. Ungkapan ini biasanya digunakan oleh umat Muslim di Jepang dan belahan dunia lainnya. 

 

3 dari 4 halaman

8. Bahasa Melayu

Di Malaysia dan bagian lain di dunia yang berbahasa Melayu, ucapan tradisional untuk Idul Fitri adalah "Selamat Hari Raya," yang berarti "Selamat Hari Raya."

Ucapan ini biasa digunakan oleh umat muslim di Malaysia, Indonesia, Brunei, dan Singapura selama Idul Fitri.

9. Bahasa Portugis

Dalam bahasa Portugis, ucapan tradisional untuk Idul Fitri adalah "Feliz Eid" yang berarti "Selamat Idul Fitri".

Ungkapan ini biasanya digunakan oleh umat muslim di Guinea Bissau, Portugal, Brasil, dan wilayah berbahasa Portugis lainnya.

10. Bahasa Rusia

Islam adalah agama terbesar kedua di negara ini setelah Kristen. Mayoritas Muslim Rusia tinggal di wilayah Tatarstan, Bashkortostan, Chechnya, Dagestan, dan wilayah lain di Kaukasus Utara.

Dalam bahasa Rusia, anda bisa mengucapkan "С праздником Эйд" (S prazdnikom Eid). Ini diterjemahkan menjadi "Dengan hari raya Idul Fitri."

Ini adalah ucapan yang umum digunakan oleh umat Muslim Rusia untuk menyampaikan harapan mereka pada hari raya Idul Fitri.

4 dari 4 halaman

11. Bahasa Prancis

Banyak muslim tinggal di Prancis, dan Idul Fitri dirayakan dengan penuh kegembiraan di seluruh penjuru negeri. Dalam bahasa Prancis, "Joyeux Eid," yang berarti "Selamat Idul Fitri."

Anda juga dapat mengucapkan "Aid Moubara". Ungkapan ini biasanya digunakan oleh umat Muslim di Prancis dan negara-negara berbahasa Prancis seperti Republik Kongo dan lainnya.

12. Bahasa Spanyol

Spanyol juga memiliki populasi Muslim yang signifikan, dan Idul Fitri dirayakan di negara ini dengan penuh antusias. Orang Spanyol mengucapkan "Feliz Eid," yang berarti "Selamat Idul Fitri."

Ungkapan ini biasanya digunakan oleh umat Muslim di Spanyol dan negara-negara berbahasa Spanyol lainnya. 

13. Bahasa Swahili

Bahasa Swahili digunakan secara luas di negara-negara Afrika Timur termasuk Kenya, Tanzania, dan Uganda. Dalam bahasa Swahili, ucapan "Eid Mubarak," atau "Heri ya Eid" mirip dengan ucapan dalam bahasa Arab.

14. Bahasa Yoruba

Bahasa Yoruba digunakan di Nigeria Barat Daya, sebagian Togo, Republik Benin, Ghana, dan Sierra Leone. Dalam bahasa Yoruba, itu adalah: 'a ku odun ileya o'. Yang diterjemahkan menjadi "Selamat Hari Raya Idul Fitri"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini