Sukses

Skandal Tas Dior Senilai Rp35 Juta Jadi Ancaman Partai Presiden Korea Selatan Jelang Pemilu, Analis: Ini Bom Politik

Ibu negara Korea Selatan (Korsel) Kim Keon Hee belakangan jadi sorotan karena disebut menerima tas mewah Dior seharga 3 juta won (sekitar Rp35 juta) sebagai hadiah untuknya.

Liputan6.com, Seoul - Ibu negara Korea Selatan (Korsel) Kim Keon Hee belakangan jadi sorotan karena disebut menerima tas mewah Dior seharga 3 juta won (sekitar Rp35 juta) sebagai hadiah untuknya.

Laporan Channel News Asia yang dikutip Kamis (25/1/2024) menyebut rekaman kamera tersembunyi yang memperlihatkan ibu negara Korea Selatan menerima tas Dior sebagai hadiah telah menjerumuskan Presiden Yoon Suk Yeol dan partainya ke dalam kontroversi, yang mungkin mengancam upaya mereka untuk merebut kembali mayoritas parlemen dalam pemilu Korsel pada bulan April.

Beberapa anggota People Power Party (PPP) atau Partai Kekuatan Rakyat yang merupakan partai konservatif Yoon telah mendesak presiden dan istrinya, Kim Keon Hee, untuk meminta maaf atas insiden yang dijuluki oleh media lokal sebagai Dior bag scandal (skandal tas Dior) dan mengakui bahwa menerima tas itu tidak pantas, seraya berharap upaya tersebut dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Kantor Presiden Korea Selatan sejauh ini mengatakan tidak memiliki informasi untuk dibagikan.

Sejauh ini Presiden Yoon Suk Yeol memilih untuk tetap diam.

Kendati demikian pada akhir pekan, pemimpin partai PPP menyatakan mengundurkan diri karena perbedaan pendapat dengan  beberapa anggota. Para analis menyebut Yoon berisiko menciptakan titik api yang pada akhirnya dapat merugikan PPP pada pemilu 10 April.

"Ini adalah sebuah bom politik," kata Rhee Jong-hoon, seorang analis politik. "Risiko Kim Keon Hee akan semakin besar."

Yoon memenangkan pemilu Korea Selatan dengan kemenangan tipis pada tahun 2022 tetapi PPP yang dipimpinnya merupakan minoritas di parlemen, yang dikendalikan oleh saingannya, Partai Demokrat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pro dan Kontra Terhadap Presiden Yoon Suk Yeol

Para analis mengatakan ketika Kim Keon Hee, sebagai pasangan seorang pejabat pemerintah, menerima tas tersebut, yang diberi label harga 3 juta won (US$2.250), dia mungkin telah melanggar undang-undang anti-suap.

Para pendukung presiden mengatakan Kim adalah korban dari rencana ilegal untuk menjebaknya dan kampanye kotor.

Kasus ini muncul pada November 2023 lalu, ketika saluran YouTube menayangkan klip video yang direkam secara diam-diam oleh seorang pendeta keturunan Korea-Amerika dengan kamera tersembunyi saat dia mengunjungi Kim dan menyerahkan tas tangan kepadanya.

Pendeta Abraham Choi, yang telah terlibat dalam pertukaran keagamaan dengan Korea Utara dan merupakan penganjur keterlibatan dengan Pyongyang, mengatakan bahwa dia awalnya meminta pertemuan dengan Kim karena keprihatinannya terhadap kebijakan garis keras Yoon terhadap Korea Utara.

Choi mengatakan meskipun Kim adalah seorang kenalan keluarga, tanggapannya terhadap diskusi mengenai kemungkinan hadiah mewah – termasuk kosmetik Chanel yang menurutnya diberikan padanya pada pertemuan pertama mereka – membuatnya percaya bahwa hadiah semacam itu adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan audiensi.

"Bisa dibilang itu seperti tiket masuk, tiket pertemuan (dengan Kim)," kata Choi kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada Selasa 23 Januari.

Kantor Yoon mengatakan tidak memiliki informasi untuk diberikan ketika ditanya tentang klaim Choi.

 

3 dari 4 halaman

Pembuatan Film Ilegal Pakai Koneksi Keluarga Presiden Yoon Suk Yeol?

Seorang pejabat kepresidenan yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada kantor berita Yonhap pekan lalu bahwa Pendeta Abraham Choi sengaja mendekati Kim dengan tujuan membuat film secara ilegal menggunakan koneksi keluarganya, dan bahwa hadiah kepada pasangan tersebut ditangani dan disimpan sebagai milik pemerintah.

Setelah pertemuan pertama, Pendeta Choi mengatakan ia menjadi prihatin dengan peran Kim Keon Hee dalam pemerintahan dan bekerja dengan seorang reporter di saluran YouTube, yang menyiarkan berita dan komentar sayap kiri, untuk memfilmkan Kim menerima tas mahal tersebut pada kunjungan kedua.

"Orang normal kemudian akan berkata, 'Pendeta, saya tidak dapat menemui Anda jika Anda melakukan ini,'” katanya. "Tetapi ibu negara memberi saya tempat dan waktu."

Kim Keon Hee juga masih terperosok dalam tuduhan manipulasi harga saham sekitar 12 tahun lalu, sebuah kasus yang diputuskan oleh parlemen yang dikuasai oposisi bulan lalu untuk menunjuk jaksa khusus untuk menyelidikinya.

PPP menentang RUU tersebut karena dianggap sebagai rencana DP (Democratic Party/Partai Demokrat) untuk menghambat penyelidikan terhadap pemimpinnya, Lee Jae-myung, dan tuduhan korupsinya, namun PPP membantahnya. Yoon memveto RUU tersebut karena bermotif politik.

Pada tahun 2021, Kim Keon Hee membuat permintaan maaf publik setelah berbulan-bulan tuduhan pemalsuan catatan profesional dan plagiarisme dalam tesis PhD-nya membayangi kampanye Yoon untuk menjadi presiden.

 

4 dari 4 halaman

Marie Antoinette Versi Korea hingga Ketegangan Partai dan Yoon

Sejumlah anggota PPP berpendapat bahwa sentimen publik terfokus pada Kim Keon Hee dan bukan pada kamera tersembunyi yang dibawa Pendeta Abraham Choi, yang mencerminkan meningkatnya kekhawatiran bahwa isu tersebut akan meninggalkan kesan buruk pada pemilih.

Adapun ketegangan antara kantor Yoon dan partainya memuncak minggu lalu ketika seorang anggota kepemimpinannya, Kim Kyung-yul, menyamakan situasi tersebut dengan ketenaran Marie Antoinette, ratu Prancis yang terkenal karena pemborosannya.

Laporan berita lokal mengatakan Yoon sangat marah dan ingin memecat pemimpin partainya, Han Dong-hoon, yang menandai setidaknya perpecahan singkat antara presiden dan seorang pejabat yang secara luas dipandang sebagai anak didik dan rekan dekat.

Dalam jajak pendapat yang dirilis oleh berita kabel YTN yang dilakukan pekan ini, 69 persen responden mengatakan Yoon perlu menjelaskan posisinya terkait kontroversi seputar ibu negara.

Jajak pendapat lain yang dilakukan oleh publikasi keuangan News Tomato pada Desember 2023 menunjukkan 53 persen responden percaya Kim bertindak tidak pantas, sementara 27 persen mengatakan dia terjebak dalam jebakan yang dibuat untuk mempermalukannya.

"Masyarakat umum berpikir, 'Oke, itu mungkin jebakan, tapi kenapa dia tetap mengambilnya (tasnya)?'," kata Shin Yul, profesor ilmu politik di Universitas Myongji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini