Sukses

Kaleidoskop 2023: 12 Penemuan Unik Sepanjang Tahun, Batu Berisi Emas hingga Lumba-lumba Punya Jempol

Kejadian unik dan menarik terjadi di sepanjang tahun 2023 termasuk penemuan beberapa hal yang tak biasa. Berikut rangkuman 12 penemuan unik sepanjang tahun 2023 dalam kaleidoskop.

Liputan6.com, Jakarta - Kejadian unik dan menarik terjadi di sepanjang tahun 2023 termasuk penemuan beberapa hal yang tak biasa. 

Pada awal tahun ditemukan kerang raksasa yang berumur ratusan tahun. Tak hanya itu, penemuan batu yang berisi emas pun menjadi sorotan. Setelah penemuan batu tersebut, dikabarkan penemunya menjadi mendadak kaya.

Bangsawan Inggris, mendiang Putri Diana turut berada dalam daftar ini karena gaun sutra miliknya dilaporkan ditemukan di sebuah toko barang bekas. Barang berharga lain pun juga dikabarkan ditemukan berada di toko barang bekas.

Kisah penemuan barang kuno pun mewarnai pertengahan tahun 2023 hingga menjelang akhir yakni kabar temuan jutaan uang koin dan mumi anak yang masih memiliki rambut. 

Para ahli juga mengabarkan penemuannya yang tak kalah menarik yaitu pertama kalinya mereka menemukan lumba-lumba yang memiliki dua jempol.

Lebih lanjut, berikut Liputan6.com rangkum 12 penemuan unik sepanjang tahun 2023 dalam Kaleidoskop:

1. Kerang Raksasa Seberat 1,1 Kg Ditemukan di Florida, Diklaim Berumur 214 Tahun

Aber-Clam Lincoln, Kerang Raksasa yang Ditemukan di Pantai Florida (Sumber: Gulf Specimen Marine Lab/Facebook)

Salah satu penemuan yang menarik perhatian adalah kerang raksasa di Amerika. 

Dilansir Liputan6.com dari UPI, Rabu (1/3/2023), sebuah kerang quahog seberat 2.6 pon (setara dengan 1,1 kg) telah ditemukan di pantai Florida dan diyakini oleh para peneliti berusia 214 tahun.

Blaine Parker menceritakan bahwa dia sedang mengumpulkan kerang untuk membuat hidangan chowder di rumahnya yang terletak di Alligator Point, Pulau St. James ketika dia menemukan kerang quahog raksasa, spesies Atlantik yang biasanya sering ditemukan di bagian utara Carolina Utara.

"Kami baru saja mau memakannya, tetapi kami memikirkannya sebentar dan berpikir mungkin ini kerang sangat istimewa. Jadi, kami tidak ingin membunuhnya," kata Parker kepada outlet berita Tallahassee Democrat.

Parker membawa kerang itu ke Laboratorium Kelautan Spesimen Teluk di Panacea, di mana para peneliti memastikan bahwa kerang itu jauh lebih besar daripada ukuran rata-rata kerang quahog, yang biasanya memiliki berat hingga setengah pon dan panjangnya mencapai 4,3 inci (setara dengan 11 cm). 

Sedangkan kerang Parker diukur dengan panjang 6 inci (15 cm).

Selengkapnya klik disini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

2. Pria Australia Ini Temukan Batu Mengandung Emas Bernilai Rp2,4 Miliar, Mendadak Kaya

Kisah lain yang mencuri perhatian adalah penemuan batu berisi emas oleh seorang pria yang membuatnya mendadak kaya.

Lebih dari 170 tahun sejak demam emas Australia berakhir, seorang pria telah menemukan nugget atau bongkahan emas berbentuk seperti nugget senilai hampir AU$250.000 (sekitar Rp2,4 miliar) di ladang emas Victoria. 

Pria itu menemukan batu emas seberat 4,6 kg menggunakan detektor logam amatir di area golden triangle atau segitiga emas Victoria antara Bendigo, Ballarat, dan St. Arnaud.

Ketika pencari itu membawa temuannya ke toko milik Darren Kamp bernama Lucky Strike Gold di Geelong, Australia, ia bertanya kepada Kamp, "Apakah menurut Anda ada nilai AU$10.000 di dalamnya?"

Kamp mengatakan ia sering membuat orang datang dengan emas yang tidak bernilai, tetapi begitu beratnya menyentuh tangannya, "Saya memandangnya dan saya berkata coba AU$100.000."

Namun, si penemu bongkahan emas itu kemudian memberitahu Kamp bahwa bongkahan batu itu hanya separuh dari semua temuannya.

Selengkapnya klik disini...

3 dari 12 halaman

3. Awalnya Mengeluh Batuk, Pria Ini Kaget Hasil X-Ray Temukan Ribuan Telur Cacing Pita di Tubuh

Penemuan menggemparkan lain di tahun ini adalah ribuan cacing pita dalam tubuh seorang pria.

Seorang dokter asal Brasil  mengejutkan jutaan orang di media sosial setelah memposting hasil rontgen seorang pria yang menderita sistiserkosis.

Namun saat dicek, tubuhnya penuh dengan telur cacing pita yang terkalsifikasi.

Mengutip dari odditycentral.com, Jumat (5/5/2023), pada Maret lalu Dokter Vitor Borin de Souza, seorang warga di Rumah Sakit das Clínicas di Botucatu, Sao Paulo, memposting hasil rontgen seorang pasien di Twitter untuk menunjukkan kepada para pengikutnya betapa buruknya infeksi cacing pita.

Dokter menjelaskan bahwa bintik-bintik putih yang terlihat di seluruh bagian tengah tubuh dan lengannya adalah telur cacing pita yang terkalsifikasi setelah infeksi parasit usus.

Pasien yang datang kepada dokter tersebut awalnya melakukan pemeriksaan setelah dirinya mengalami batuk terus menerus.

Meskipun telur cacing pita (cysticerci) tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan pria itu, tapi postingan ini menimbulkan kehebohan di media sosial Brasil.

Selengkapnya klik disini...

4 dari 12 halaman

4. Gaun Sutra Rp3 M Milik Putri Diana dan 4 Barang Berharga Bernilai Tinggi Ini Juga Ditemukan di Toko Barang Bekas

Penemuan tak biasa lain pada tahun ini adalah beberapa barang berharga dan bernilai tinggi di toko barang bekas sebagaimana dilansir The Sun, Kamis (4/5/2023):

1. Gaun Sutra Putri Diana

Putri Diana, atau akrab dipanggil Lady Diana, terkenal sebagai pribadi yang dermawan dan murah hati, termasuk dalam hal berpakaian.

Ia bermaksud memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk berpakaian bak putri. Oleh karena itu, beberapa pakaiannya sengaja disumbangkan ke badan amal.

Begitulah bagaimana sebuah gaun sutra yang dikenakannya sewaktu jamuan makan malam kenegaraan dapat berakhir di sebuah toko amal.

Gaun Putri Diana ini dijual dengan harga 200 dolar atau setara 2,9 juta rupiah.

Selama 20 tahun, gaun itu disimpan oleh pemilik toko hingga mereka menonton film dokumenter Putri Diana dan menyadari bahwa pakaian tersebut adalah milik seorang yang sangat penting.

Dengan cepat, gaun itu terjual dengan harga 208.000 dolar pada tahun 2018, saat ini harganya mencapai Rp3 M.

Selengkapnya klik disini...

5 dari 12 halaman

5. Spesies Menyerupai Janin Goblin dengan Cakar dan Ekor Ditemukan di Gudang Konstruksi

Golbin, elf, peri adalah makhluk-makhluk ajaib yang biasa Anda temukan di buku cerita.

Belum ada di sejarah yang menunjukkan secara pasti bahwa makhluk tersebut hidup. Sampai akhir April 2023, dilaporkan oleh media Mirror, ditemukan sebuah janin goblin di gudang saat pekerjaan konstruksi melakukan pekerjaannya di Meksiko, Kamis (4/5/2023).

Pihak berwenang telah mengkonfirmasi bahwa sampel saat ini sedang dianalisis oleh para ahli universitas setelah benda aneh itu ditemukan di kota bersejarah Santa María Regla, timur laut Mexico City.

Wali Kota Francisco Mayoral Flores percaya bahwa sisa-sisa mumi makhluk ini bisa berasal dari "goblin atau nagual."

Dalam mitologi Mesoamerika, nagual adalah manusia yang memiliki kemampuan untuk berubah bentuk menjadi hewan.

Kini, penemuan itu dipamerkan dalam Museo de los Duendes - diterjemahkan sebagai Museum Goblin - di kotamadya Huasca de Ocampo.

Spesies ini memiliki tubuh kecil, empat anggota badan, wajah yang seperti cacat dengan hidung menonjol, cakar, dan ekor.

 

Selengkapnya klik disini...

6 dari 12 halaman

6. Keluarga Ini Temukan 'Harta Karun' Lusinan Tas Isi 1 Juta Uang Koin, Diangkut Pakai Truk

Pada tahun 2023 ini seorang pria menemukan uang receh berjumlah jutaan. Pria tersebut adalah John Reyes dari California selatan, melansir Fox News, Jumat (16/6/2023).

Sewaktu membantu istrinya membersihkan rumah sang ayah di Los Angeles, mereka malah menemukan lebih dari satu juta koin tembaga tersimpan di sebuah ruangan kecil.

Uang koin berjumlah sekitar satu juga itu disimpan dalam puluhan tas bank. Nilainya dioerkirakan mulai dari $10.000 (Rp149 juta), dan mungkin lebih besar, menurut KTLA News.

Rumah yang dulunya ditinggali oleh ayah mertuanya, Fritz, itu dipercayai sebagai bangunan era 1900-an.

Fritz bersama saudaranya, yang merupakan imigran dari Jerman, tinggal di rumah tersebut selama beberapa dekade hingga akhirnya Fritz meninggal dan saudaranya memutuskan pindah rumah.

Kemudian rumah itu diputuskan untuk dibersihkan dan direnovasi agar desainnya lebih modern.

Rumah itu dipenuhi oleh banyak barang. Anggota keluarga bersusah payah untuk membersihkannya.

Saat itulah mereka menemukan "harta karun" tersebut. Ada peti, kotak, dan lusinan kantong koin berisi uang tembaga dari beberapa dekade lalu.

Selengkapnya klik disini...

7 dari 12 halaman

7. Cerita Pria di China 22 Tahun Mencari Anaknya yang Hilang, Ditemukan Pakai Sistem Teknologi

Penemuan mengharukan terjadi pada tahun 2023 dimana seorang pria di China mendedikasikan 22 tahun terakhir untuk mencoba menemukan putranya yang diculik. Hingga pada akhirnya, ia berhasil menemukan putranya di sebuah kota berjarak 900 kilometer.

Pada tanggal 9 Oktober 2001, Lei Wuze meninggalkan rumahnya di Yueyang, Provinsi Hunan tanpa mengetahui bahwa itu akan menjadi momen terakhir kalinya melihat putranya selama lebih dari dua dekade.

Pria tersebut meninggalkan anak laki-lakinya yang berusia 4 tahun bernama Yuechuan bermain di bawah pengawasan salah satu tetangganya.

Wanita itu kemudian memberi tahu polisi bahwa ada seorang pria yang mencurigakan di jalan yang kemudian menculik Yuechuan, dikutip dari Oddity Central, Minggu (9/7/2023).

Lei sangat terpukul, tetapi dia tidak pernah kehilangan harapan, bahwa suatu hari nanti bisa melihat putranya lagi.

Dia memulai pencarian di sekitar Yueyang, memegang foto putranya dan menghentikan orang-orang yang ada di lalu lintas untuk menanyakan apakah mereka telah melihat Yuechuan.

Tahun-tahun berlalu, tetapi Lei Wuze tetap bertahan, dan tahun ini, ketangguhannya akhirnya membuahkan hasil.

Selama 22 tahun dia habiskan untuk mencari putranya, Lei Wuze berteman dengan orang tua lain yang sama putus asanya untuk menemukan anak mereka yang diculik.

Selengkapnya klik disini...

8 dari 12 halaman

8. Bikin Kaget! Ular Misterius 1,8 Meter Ditemukan di Keranjang Belanja Supermarket

Penemuan mengejutkan lain pada tahun ini adalah seekor ular misterius yang ditemukan meringkuk di dalam keranjang belanja milik Toko Retail Target, Lowa, Amerika Serikat pada Sabtu 12 Agustus 2023. 

Para pekerja dan pengunjung terkejut melihat keranjang belanja yang dibawa dari luar toko telah berisi Ular Boa Kolombia red-tailed boa constrictor. Sejauh ini tak diketahui dari mana ular misterius itu berasal.

Kepolisian Kota Sioux mengonfirmasi bahwa petugas kontrol hewan telah menanggapi laporan toko retail Target atas penemuan ular besar di keranjang belanja pada Sabtu 12 Agustus siang waktu setempat. Ular tersebut lantas diselamatkan.

Petugas menyebut bahwa hewan bersisik itu tidak membahayakan orang dan mereka memberikan makan serta lampu sebagai penghangat.

"Itu adalah Boa Kolombia berekor merah," kata petugas seperti dikutip dari Upi.com, Sabtu (19/8/2023), seraya menambahkan "Ini tidak membahayakan atau apa. Dia di bawah lampu agar hangat dan baik-baik saja di sana".

Laporan siouxlandproud.com menyebut ular yang ditemukan memiliki panjang sekitar 6 kaki atau setara 1,8 meter.

Selengkapnya klik disini...

9 dari 12 halaman

9. Lubang Misterius Muncul di Pantai Irlandia, Diduga Meteor Jatuh Ternyata...

Penemuan dugaan bekas meteor jatuh di Irlandia dikabarkan saat menjelang akhir tahun 2023. Media Irlandia memberikan bahwa muncul lubang misterius di pantai Dublin. Diduga, lubang itu adalah akibat hantaman meteor.

Kabar itu disiarkan oleh Virgin Media News dengan tajuk "Pria Dublin menemukan dugaan meteor jatuh di pantai Portmarnock setelah menyadari sebuah lubang besar di pasir".

Pria yang menemukan lubang itu berkata dirinya "syok" ketika melihat lokasi meteor jatuh itu.

"Saya hanya sedang berjalan dengan anjing kemudian melihat situs damparan ini. Untungnya saya mencintai luar angkasa, dan eksplorasi, dan astrofisika. Jadi saya sedikit kaget ketika melihat ini. Tapi saya langsung tahu bahwa ini adalah situs damparan," ujarnya kepada Virgin Media News, dikutip Selasa (19/9/2023).

Pria bernama Dave itu tampil di TV sambil menampilkan "batu meteor" yang ia temukan. Ia yakin batu itu adalah meteor berdasarkan beratnya.

Sayangnya, analisa tersebut langsung dibantah netizen.

Dilaporkan BBC, beredar foto bahwa lubang itu sebenarnya digali oleh manusia yang berkunjung ke pantai. Bukti fotonya juga ada di Instagram.

Virgin Media News lantas memberikan klarifikasi soal kejadian yang sebenarnya bahwa dua orang laki-laki menggali lubang itu di pantai Irlandia.

Selengkapnya klik disini...

10 dari 12 halaman

10. Berniat Usir Hama, Petugas di Irlandia Justru Temukan Kerangka Berusia 20 Tahun

Penemuan jasad seorang pria tak terdeteksi yang diperkirakan sudah berusia 20 tahun ini mengejutkan seorang petugas pengusir hama di Irlandia. Ia menemukan mayat tersebut saat hendak melakukan pekerjaannya seperti biasa, yaitu mengusir hama.

Sisa kerangka pria tersebut ditemukan di sebuah rumah tingkat, di balik selimut di salah satu tempat tidur yang ada di rumah tersebut. 

Jasad tersebut kemudian diidentifikasi sebagai Tim O’Sullivan setelah pihak berwenang menemukan kecocokan gigi dengan klinik setempat. 

Ketika itu, Paul O’Donoghue, yang ditugaskan untuk membersihkan rumah tersebut melakukan penyisiran secara cepat di rumah tersebut hingga akhirnya menemukan kamar tidur di sisi kiri. 

"Saya bisa melihat tempat tidur. Saya kemudian melihat bentuk kaki di bawah selimut, dan mantel diletakkan di atasnya. Saya menyadari itu adalah tubuh manusia," katanya, seperti dikutip The Mirror, Sabtu (28/10/2023).  

Donoghue kemudian segera menghubungi rekan kerjanya dan mengatakan apa yang ditemukannya. 

Selengkapnya klik disini...

11 dari 12 halaman

11. 4 Mumi Anak Berusia 1.000 Tahun Ditemukan di Peru, Unik Masih Ada Rambutnya

Para arkeolog di Peru menjelang akhir tahun 2023 mengungkapkan penemuan menarik di salah satu lingkungan tertua di Kota Lima yang kini telah memasuki zaman modern. Empat mumi anak-anak, diyakini berusia setidaknya 1.000 tahun, ditemukan bersama dengan tengkorak orang dewasa. 

Penemuan tersebut terjadi pada Senin, 20 November 2023 di bekas ruang upacara sakral. Demikian sebagaimana dilansir dari laman Asia One, Jumat (25/11/2023).

Peneliti meyakini bahwa penemuan mumi ini dulunya berasal dari budaya Ychsma yang berkembang di pantai tengah Peru sebelum Kekaisaran Inca menguasai wilayah Andean.

Sejumlah peninggalan ditemukan di kaki tangga di sebuah bukit kecil yang diyakini pernah menyembunyikan sebuah kuil. Menurut Luis Takuda, seorang arkeolog di Distrik Rimac, Lima, kuil tersebut diperkirakan telah dibangun sekitar 3.500 tahun yang lalu.

"Seluruh area ini merupakan ruang upacara yang sangat penting," ungkap Takuda. "Orang-orang yang tinggal di sini selama periode Ychsma masih menganggapnya sebagai ruang suci dan oleh karena itu menguburkan jenazah mereka di sini."

Menariknya, tengkorak mumi yang telah ditemukan ini masih memiliki rambut, dan sisanya ditemukan bersama keramik, menurut penuturan Takuda.

Selengkapnya klik disini...

12 dari 12 halaman

12. Penemuan Pertama Lumba-lumba Punya 2 'Jempol', Bikin Heran Para Ilmuwan

Pada akhir tahun 2023, sebuah penemuan dari perairan Yunani yang bikin heran para ilmuwan ini mungkin dapat dikategorikan sebagai makhluk hibrida dalam dunia nyata. Pasalnya, ditemukan seekor lumba-lumba yang memiliki sepasang "ibu jari" atau jempol.

Lumba-lumba ini dikabarkan sebagai satu-satunya contoh anomali perairan yang pernah diamati.

"Ini adalah pertama kalinya kami melihat morfologi sirip yang mengejutkan ini dalam 30 tahun survei di laut terbuka dan juga dalam penelitian, sambil memantau semua lumba-lumba yang terdampar di sepanjang pantai Yunani selama 30 tahun," kata Alexandros Frantzis, koordinator ilmiah dan presiden dari Pelagos Cetacean Research Institute kepada LiveScience.

Lumba-lumba 'berjari' ini ditemukan pada dua kesempatan terpisah di musim panas lalu saat Alexandros dan tim peneliti melakukan survei perahu di Teluk Korintus di Laut Ionia sebagaimana dilansir New York Post, Minggu (17/12/2023).

Meskipun termasuk dalam salah satu dari 1.300 lumba-lumba jenis striped dolphin di teluk tersebut, individu ini menjadi satu-satunya yang ditemukan memiliki 'dua jempol' kepada oleh para peneliti.

Selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini