Sukses

Malaysia Perdana Pakai Markah Jalan Glow in The Dark, Berpendar Hijau Saat Gelap

Malaysia meluncurkan markah jalan "Glow in The Dark" alias dapat bersinar dalam gelap. Inisiatif ini diterima dengan positif dari sejumlah warga dan dianggap mampu meningkatkan keamanan warga saat berkendara di malam hari.

Liputan6.com, Semenyih - Malaysia telah menciptakan terobosan inovatif dalam infrastruktur jalan dengan meluncurkan markah jalan yang dapat bersinar dalam gelap. Inisiatif ini diterima dengan antusiasme positif dari sejumlah warga, yang menganggapnya mampu meningkatkan keamanan di jalan raya saat malam hari.

Proyek uji coba ini dilaksanakan oleh Departemen Pekerjaan Umum (JKR) Kabupaten Hulu Langat pada 28 Oktober di jalan dua jalur dekat kota Semenyih di Selangor, Malaysia.

Jalan tersebut berada di sepanjang persimpangan Jalan Sungai Lalang dan Jalan Sungai Tekali sebagaimana dilansir dari The Strait Times, Jumat (17/11/2023).

"Markah jalan glow-in-the-dark ini adalah upaya kami untuk menghadirkan inovasi dalam rekayasa jalan… Tolong jangan kaget jika Anda kebetulan melewati area tersebut," ungkap JKR dalam sebuah unggahan di Facebook.

Kondisi sekitar jalan memang dikabarkan gelap tanpa lampu sehingga para pengendara kesulitan melintasi daerah tersebut pada malam hari sebelum dilakukan pengecatan markah "Glow in The Dark" tersebut.

Menteri Pekerjaan Umum Malaysia, Alexander Nanta Linggi menyatakan bahwa markah tersebut memiliki daya tahan hingga 10 jam dan memberikan "efek cahaya yang baik," bahkan dalam kondisi cuaca hujan. Ia menyampaikannya setelah melakukan pemeriksaan markah tersebut.

"Namun, kementerian masih mengevaluasi efektivitas (proyek) secara keseluruhan, termasuk biaya pelaksanaannya yang saat ini relatif tinggi," kata Menteri Alexander Nanta Linggi dalam sebuah postingan di Facebook.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reaksi Positif dari Warga

Reaksi masyarakat terhadap proyek ini cukup beragam. Banyak warga Malaysia menyambut positif inisiatif ini, meyakini bahwa markah jalan yang bersinar dalam gelap dapat meningkatkan keselamatan di jalan raya. 

"Tidak bisa dipungkiri, jalanan di Malaysia akan terlihat sangat terang," komentar seorang pengguna Instagram dengan nama pengguna lordlaboughdash saat mengetahui markah tersebut.

Pengguna Facebook lain dengan nama Iskandar Zulkarnain Razalli menyampaikan bahwa markah tersebut akan membantu pengemudi saat cuaca badai, terutama saat hujan. 

"Saat hujan dan mobil tidak ber-AC, jendela akan berembun sehingga sangat sulit melihat markah jalan berwarna putih," ujarnya.

Dukungan lain disampaikan pengguna Instagram Gymtycoon, ia menyatakan bahwa ide bagus serupa sudah diterapkan di India Selatan.

"Saya melihat ini di India Selatan beberapa tahun yang lalu dan menurut saya ini adalah ide yang bagus. Akhirnya, hal ini terjadi di negara kita. Kerja bagus JKR," tulis Gymtycoon.

3 dari 4 halaman

Himbauan dan Permintaan dari Beberapa Warga Malaysia

Meski mendapat dukungan, ada juga suara yang mengingatkan bahwa pengemudi tetap harus berhati-hati, terutama dalam kondisi cuaca ekstrem.

"Pengemudi harus berhati-hati dalam berkendara dan menjaga jarak aman dari kendaraan lain meski ada markah glow-in-the-dark," peringatan dari Alan Chin Weng Lon di Facebook.

Sementara itu, banyak warga Malaysia juga menyuarakan agar proyek markah jalan ini diperluas secara nasional, terutama di daerah pedesaan yang seringkali tidak terdapat lampu jalan. 

"Kita juga harus memasangnya di semua jalan raya dan jalan kampung," kata Jimmy Chang di Instagram.

Namun, beberapa pihak mendesak pemerintah untuk memastikan pemeliharaan yang baik terhadap jalan tersebut. 

"JKR, mintalah petugas Anda untuk mengemudi saat hujan atau malam hari, Anda akan menyadari bahwa jarak pandang yang buruk terhadap jalur jalan, rambu yang buruk, dan jalan yang tidak rata serta berlubang jelas merupakan penyebab terjadinya kecelakaan," tutur Ravi Apparaw di Facebook.

Proyek markah jalan yang bersinar dalam gelap ini diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap keselamatan pengguna jalan di Malaysia.

"Lihatlah kondisi seluruh jalan federal di Malaysia secara keseluruhan. Bayangkan berapa banyak nyawa yang bisa diselamatkan," kata Ravi Apparaw.

 

 

4 dari 4 halaman

Rahasia Mr. Green Genes, Kucing yang Menyala dalam Kegelapan

Membahas sesuatu yang mampu bersinar dalam gelap, di negara lain terdapat kucing bernama Mr. Green Genes dari New Orleans, Amerika Serikat (AS) dan merupakan kucing glow in the dark atau 'bersinar dalam kegelapan' pertama di negara itu.

Di siang hari, kucing itu terlihat normal. Namun, ketika diletakkan di ruangan yang gelap dengan lampu ultraviolet, wajah Mr. Green Genes akan memancarkan sinar hijau terang.

Kucing unik itu diciptakan oleh para ilmuwan yang mencoba memerangi berbagai penyakit seperti cystic fibrosis, dilansir dari Daily Mail UK, Senin (6/3/2023).

Apa rahasianya? Para ilmuwan memodifikasi DNA kucing itu untuk melihat apakah gen dapat dimasukkan tanpa memberi bahaya ke dalam urutan genetik hewan.

Untuk melacak ke mana perginya gen tersebut, mereka memutuskan untuk menggunakan gen yang bersinar di bawah sinar ultraviolet.

Gen tertentu itu dikenal sebagai protein fluoresensi hijau, dan kemungkinan besar mengekspresikan dirinya dalam selaput lendir. Oleh sebab itu, mulut dan telinga kucing itu menyala di kegelapan.

Selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini