Sukses

Tarian Tradisional Sambut 5 Delegasi ASEAN di Labuan Bajo Jelang KTT ke-42 ASEAN 2023

Siaran langsung yang ditayangkan pada layar besar di media center berlokasi di Hotel Bintang Flores, menunjukkan kedatangan delegasi KTT ke-42 ASEAN 2023.

Liputan6.com, Labuan Bajo - Agenda pertemuan para pemimpin negara dalam KTT ke-42 ASEAN 2023 akan dimulai besok, Rabu 10 Mei 2023. Jelang kegiatan tersebut, beberapa perdana menteri negara ASEAN telah tiba di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) hari ini, Selasa 9 Mei. 

Menurut pantauan Liputan6.com dari siaran langsung yang ditayangkan pada layar besar di media center berlokasi di Hotel Bintang Flores, diketahui sejumlah kedatangan delegasi KTT ke-42 ASEAN 2023.

Salah satunya Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Ia terpantau tiba di Bandara Komodo sekitar pukul 13.09 WITA.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen tak sendiri, ia terlihat didampingi sang istri Bun Rany. Kedatangan keduanya disambut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin serta Dirjen Protokol dan Konsuler Andy Rachmianto.

Tak lama setelah itu, Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak tiba di Labuan Bajo sekitar pukul 13.56 WITA. Ketibaannya disambut oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. 

Kedatangan para delegasi tersebut diiringi musik dan tarian tradisional. Alunan musik dan tari tradisional dipertunjukkan sejak mereka turun dari pesawat hingga berjalan menuju mobil ke lokasi acara KTT ASEAN.

Para penari "Tiba Meka" bertugas menyambut para kepala negara yang akan hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara atau ASEAN tahun 2023 di Labuan Bajo, 9-11 Mei 2023. "Tiba Meka" adalah satu dari tiga jenis tarian daerah yang disiapkan oleh Pemerintah NTT selain Rangkuk Alu dan Caci untuk kepentingan penyambutan tamu KTT ASEAN ke-42 ini.

Sebelumnya, dilaporkan delegasi dari tiga negara ASEAN yakni Vietnam, Brunei Darussalam dan Malaysia sudah lebih dulu tiba di Labuan Bajo.

Dengan kata lain, sejauh ini sudah ada lima delegasi dari negara ASEAN yang hadir menjelang KTT ke-42 ASEAN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agenda Pertemuan Leaders di KTT ASEAN

Kegiatan para Leaders ASEAN baru akan dimulai besok, Rabu (10/5). Berikut adalah jadwal pertemuan para pemimpin negara dalam rangkaian kegiatan KTT ke-42 ASEAN 2023:

10 Mei 2023

  • Kedatangan para Leaders di Hotel Meruorah Komodo, disambut Presiden Joko Widodo (Jokowi)
  • Sesi foto para ASEAN Leaders
  • Sesi pembukaan KTT ke-42 ASEAN 2023Sesi pembukaan ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA)
  • Sesi pembukaan ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Youth
  • Sesi pembukaan ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC)
  • Sesi pembukaan ASEAN Leaders’ Interface with High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision(HLTF-ACV)
  • Welcoming Dinner yang dipimpin oleh Presiden Jokowi di Hotel Ayana Komodo Waecicu Beach 

11 Mei 2023

  • Retreat Session KTT ke-42 ASEAN 2023
  • 15th Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Summit
  • 15th Brunei Darussalam–Indonesia–Malaysia–Philippines East ASEAN Growth Area Summit (12th BIMP-EAGA Summit) Summit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.