Sukses

Banyak Wanita Hamil asal Rusia Terbang ke Negaranya, Pemerintah Argentina Ketar-Ketir

Wanita hamil asal Rusia berusaha untuk mendapatkan paspor Argentina dengan cara melahirkan di negara tersebut.

Liputan6.com, Buenos Aires - Pemerintah Argentina menyatakan keprihatinan atas sejumlah besar wanita hamil Rusia yang baru saja memasuki negaranya untuk melahirkan sebagai cara untuk mendapatkan paspor Argentina.

Otoritas imigrasi melarang enam wanita hamil Rusia memasuki Argentina minggu ini - tiga pada Rabu (8 Februari) dan tiga pada Kamis - dengan mengatakan bahwa mereka telah mengaku sebagai turis.

Setidaknya beberapa perempuan telah melakukan proses hukum untuk bisa masuk ke negara tersebut.

“Wanita-wanita ini yang tidak melakukan kejahatan, yang tidak melanggar hukum migrasi, secara ilegal dirampas kebebasannya,” kata Christian Rubilar, yang mewakili tiga dari enam wanita yang ditahan, di Bandara Internasional Ezeiza di luar Buenos Aires, seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (11/2/2023). 

Pejabat imigrasi mengharapkan hakim untuk memberikan lampu hijau bagi wanita hamil untuk memasuki negara itu, dengan mengatakan bahwa meskipun mereka mengaku sebagai turis, kehamilan lanjut mereka menggantikan masalah itu, kata seorang pejabat dengan syarat anonim.

Wanita hamil yang menghabiskan setidaknya satu malam di fasilitas bandara menyoroti fenomena yang menjadi bukti di Argentina dalam beberapa pekan terakhir.

“Jumlahnya sangat besar setiap hari, hanya tadi malam dalam penerbangan terakhir Ethiopia (Maskapai), 33 warga Rusia masuk dengan kehamilan sekitar 32, 33, 34 minggu,” kata direktur nasional untuk migrasi Florencia Carignano.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyaknya Warga Rusia Masuk Argentina

Pada tahun lalu, 21.757 warga Rusia telah memasuki Argentina, termasuk sekitar 10.500 wanita hamil dan “jumlahnya meningkat dalam beberapa bulan terakhir.” 

"Dalam tiga bulan terakhir, 5.819 wanita yang akan melahirkan memasuki Argentina," kata Carignano.

Siapa pun yang lahir di tanah Argentina segera diberikan kewarganegaraan dan memiliki anak yang lahir di negara tersebut, mempercepat proses kewarganegaraan bagi orang tua.

3 dari 4 halaman

Penyelidikan Tengah Berlangsung

Pengadilan saat ini sedang menyelidiki apakah ada semacam organisasi kriminal yang membawa wanita Rusia ke Argentina.

Sementara pihak berwenang tidak mengatakan mengapa lingkaran seperti itu akan membawa wanita hamil ke Argentina, beberapa berspekulasi bahwa negara tersebut memiliki perpaduan yang tepat antara undang-undang imigrasi yang longgar dengan Rusia yang tidak memerlukan visa, perawatan kesehatan universal gratis, dan paspor yang memungkinkan akses ke banyak negara tanpa visa.

"Mereka menipu orang, mengambil keuntungan dari keputusasaan perang ,” kata Rubilar.

4 dari 4 halaman

Posisi Pemerintah Argentina

Pihak berwenang menekankan para pejabat tidak memiliki masalah dengan warga Rusia yang tiba di Argentina, tetapi mereka ingin memastikan bahwa mereka benar-benar memiliki rencana untuk tinggal di negara tersebut.

“Kami tidak memiliki masalah dengan orang-orang dari negara manapun yang ingin tinggal di Argentina, yang ingin membesarkan anak-anak mereka di sini, berinvestasi di Argentina. Masalahnya adalah orang-orang ini datang, pergi dan tidak kembali ke Argentina dan mereka pergi dengan membawa paspor,” kata Carignano.

Argentina adalah negara yang secara tradisional terbuka untuk imigran, tetapi bendera merah dikibarkan di kantor imigrasi setelah tiga mata-mata Rusia ditahan di Slovenia dengan paspor Argentina, kata Carignano.

“Orang-orang ini pasti datang untuk memiliki anak di Argentina,” katanya.

Pada akhir Januari, media Slovenia melaporkan bahwa pihak berwenang telah menahan dua tersangka mata-mata Rusia dan kali ini laporan tersebut mengatakan salah satu dari keduanya memegang kewarganegaraan Argentina.

“Jika kita tidak mulai mengontrol siapa yang kita berikan paspor, apa yang akan terjadi pada kita orang Argentina adalah mereka akan mulai meminta visa di mana-mana dan paspor tidak akan lagi memiliki kepercayaan yang dimiliki dengan negara lain,” ujar Carignano.

Ia juga mencatat bahwa paspor Argentina dapat memasuki 171 negara tanpa visa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.