Sukses

Ini Prediksi Soal Perang Rusia dan Ukraina di Tahun 2023, Akankah Berakhir?

Prediksi soal perang Rusia dan Ukraina di tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Konflik antara Rusia dan Ukraina akan memasuki tahun kalender kedua.

Berbagai perjuangan telah dilakukan untuk mendamaikan dan mengkomunikasikan isu global paling besar ini, namun masih belum menemukan titik akhirnya. 

Bisakah itu berakhir di tahun baru ini dan bagaimana langkah penyelesaiannya, entah di medan perang atau di meja perundingan? Atau mungkinkah itu berlanjut hingga 2024?

Dilansir BBC, Senin (2/1/2022), berikut adalah sejumlah pandangan pengamat soal perkembangan isu tersebut. 

1. Serangan Musim Semi oleh Rusia

oleh Michael Clarke, direktur asosiasi Institut Kajian Strategis, Exeter, Inggris

Mereka yang berusaha menginvasi negara lain di mana saja melintasi stepa Eurasia yang besar pada akhirnya akan dikutuk untuk musim dingin di dalamnya. Napoleon, Hitler, dan Stalin semua harus menjaga pasukan mereka bergerak menghadapi musim dingin stepa, dan sekarang - invasinya mundur ke tanah - Vladimir Putin menggali pasukannya untuk musim dingin untuk menunggu serangan Rusia baru di musim semi.

Kedua belah pihak membutuhkan jeda tetapi Ukraina lebih siap dan termotivasi untuk terus maju, dan kita dapat mengharapkan mereka untuk mempertahankan tekanan, setidaknya di Donbas. 

Di sekitar Kreminna dan Svatove mereka sangat dekat dengan terobosan besar yang akan melemparkan pasukan Rusia 40 mil kembali ke garis pertahanan alami berikutnya, dekat dengan tempat invasi mereka secara efektif dimulai pada bulan Februari.Kyiv akan enggan berhenti ketika hadiah langsungnya begitu besar. 

Serangan Ukraina mungkin, bagaimanapun, berhenti di barat daya, setelah pemulihan Kherson.Menyeberang ke sisi timur sungai Dnipro untuk menekan jaringan jalan dan kereta api Rusia yang rentan ke Krimea mungkin terlalu sulit. Tapi kemungkinan Kyiv meluncurkan serangan baru yang mengejutkan tidak pernah bisa dikesampingkan.

Untuk tahun 2023, penentu utama adalah nasib serangan musim semi Rusia. Putin telah mengakui bahwa sekitar 50.000 pasukan yang baru dimobilisasi sudah berada di garis depan; 250.000 lainnya yang baru dimobilisasi sedang berlatih untuk tahun depan.

Tidak ada ruang untuk apa pun kecuali lebih banyak perang sampai nasib pasukan baru Rusia itu diselesaikan di medan perang.Gencatan senjata yang singkat dan tidak stabil adalah satu-satunya prospek lainnya. Putin telah menjelaskan bahwa dia tidak akan berhenti. Dan Ukraina telah memperjelas bahwa pihaknya masih berjuang untuk negaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ukraina akan Menang

oleh Andrei Piontkovsky, ilmuwan dan analis yang tinggal di Washington DC.

Ukraina akan menang dengan memulihkan sepenuhnya integritas teritorialnya paling lambat pada musim semi 2023. Dua faktor membentuk kesimpulan ini.

Salah satunya adalah motivasi, tekad, dan keberanian militer Ukraina dan bangsa Ukraina secara keseluruhan, yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah perang modern.

Yang lainnya adalah fakta bahwa, setelah bertahun-tahun ditenangkan oleh seorang diktator Rusia, Barat akhirnya tumbuh untuk menyadari besarnya tantangan sejarah yang dihadapinya. Ini paling baik diilustrasikan oleh pernyataan baru-baru ini oleh Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

"Harga yang kami bayar adalah uang. Sementara harga yang dibayar orang Ukraina adalah darah. Jika rezim otoriter melihat bahwa kekuatan dihargai, kami semua akan membayar harga yang jauh lebih tinggi. Dan dunia akan menjadi dunia yang lebih berbahaya bagi kita semua."

Waktu yang tepat dari kemenangan Ukraina yang tak terhindarkan akan ditentukan oleh kecepatan di mana NATO dapat mengirimkan paket senjata serbu militer baru yang mengubah permainan (tank, pesawat, rudal jarak jauh).

Penyerahan Rusia akan disetujui secara resmi pada pembicaraan teknis setelah kemajuan Ukraina yang menghancurkan di medan pertempuran.

Sementara kekuatan pemenang - Ukraina, Inggris, AS - akan membentuk arsitektur keamanan internasional baru.

3 dari 4 halaman

3. Belum Ada Titik Akhir

oleh Barbara Zanchetta, Departemen Studi Perang, King's College London.

Vladimir Putin mengharapkan penerimaan pasif Ukraina atas tindakan tetangganya yang lebih kuat, tanpa keterlibatan yang berarti dari negara lain. Kesalahan perhitungan yang parah ini telah menyebabkan konflik yang berkepanjangan, yang tampaknya tidak akan berakhir.

Musim dingin akan sulit, karena serangan Rusia terhadap infrastruktur Ukraina akan mencoba mematahkan moral dan daya tahan populasi yang sudah hancur. Tapi ketahanan Ukraina terbukti luar biasa. 

Mereka akan berdiri teguh. Perang akan berlarut-larut. Dan seterusnya.

Prospek untuk negosiasi suram. Untuk kesepakatan perdamaian potensial, tuntutan inti dari setidaknya satu pihak perlu diubah. Tidak ada bukti bahwa ini telah terjadi, atau akan segera terjadi.

Biaya perang, baik materi maupun manusia, dapat merusak tingkat komitmen elit politik Rusia. Kuncinya ada di dalam Rusia.

Perang masa lalu di mana salah perhitungan merupakan elemen penting, seperti Vietnam untuk Amerika Serikat, atau Afghanistan untuk Uni Soviet, hanya berakhir seperti ini. Kondisi politik dalam negeri bergeser di negara yang salah perhitungan, membuat keluar - baik "terhormat" atau tidak - satu-satunya pilihan yang layak.

Ini mungkin hanya terjadi, bagaimanapun, jika Barat berdiri teguh dalam dukungannya untuk Ukraina, dalam menghadapi tekanan domestik yang meningkat terkait dengan biaya perang.

Sedihnya, ini akan terus menjadi pertarungan tekad politik, ekonomi dan militer yang berlarut-larut. Dan pada akhir tahun 2023 kemungkinan besar masih akan berlangsung.

4 dari 4 halaman

5. Kekalahan Rusia

oleh Ben Hodges, mantan panglima Angkatan Darat Amerika Serikat Eropa.

Masih terlalu dini untuk merencanakan parade kemenangan di Kyiv tetapi semua momentum ada di Ukraina sekarang dan tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa mereka akan memenangkan perang ini, mungkin pada tahun 2023.

Hal-hal akan bergerak lebih lambat selama musim dingin, tetapi tidak diragukan lagi bahwa pasukan Ukraina akan lebih mampu mengatasi daripada Rusia karena semua peralatan musim dingin berasal dari Inggris, Kanada, dan Jerman.

Pada bulan Januari, Ukraina dapat memulai fase terakhir dari kampanye pembebasan Krimea.

"Kita tahu dari sejarah bahwa perang adalah ujian kemauan dan ujian logistik. Ketika saya melihat tekad rakyat dan tentara Ukraina, dan situasi logistik yang membaik dengan cepat untuk Ukraina, saya tidak melihat hasil lain selain kekalahan Rusia," ujarnya. 

"Penarikan Rusia dari Kherson sebagian telah membawa saya pada kesimpulan ini."

Pertama sebagai dorongan psikologis bagi rakyat Ukraina, kedua sebagai rasa malu yang mendalam bagi Kremlin dan ketiga dengan memberikan keuntungan operasional utama kepada pasukan Ukraina - semua pendekatan ke Krimea sekarang berada dalam jangkauan sistem senjata Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.