Sukses

Walau Berdekatan, Ahli Minta Warga India Tak Panik Atas Lonjakan COVID-19 di China

Para ahli meminta warga India untuk tidak panik atas lonjakan kasus COVID-19.

Liputan6.com, New Delhi - Para ahli mengatakan bahwa lonjakan COVID-19saat ini di China "tidak mungkin" berdampak pada India, tetapi mereka mendesak orang untuk tetap berhati-hati dan memakai masker.

India telah meningkatkan pengawasan setelah lonjakan kasus di negara tetangga China.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (28/12/2022), orang-orang yang bepergian dari China dan empat negara Asia lainnya sekarang harus membuat laporan tes negatif Covid-19 sebelum memasuki India.

Pada hari Selasa, latihan diadakan untuk memeriksa apakah rumah sakit dapat menangani lonjakan.

Menurut data pemerintah, India saat ini hanya memiliki sekitar 3.400 kasus aktif virus corona. Namun laporan tentang lonjakan di China dan kenangan akan dua gelombang Covid yang mematikan pada tahun 2020 dan 2021 di India membuat banyak orang ketakutan.

Tetapi para ahli mengatakan tidak ada alasan untuk khawatir saat ini. 

"Lonjakan infeksi di China sesuai harapan. Jika Anda memiliki populasi rentan yang tidak terpapar virus, kasus akan meningkat. Tidak ada yang berubah untuk seluruh dunia, termasuk India," kata Dr Chandrakant Lahariya , seorang ahli epidemiologi dan spesialis sistem kesehatan.

China telah berjuang dengan serbuan kasus Covid setelah mulai menjauh dari apa yang disebut pendekatan nol-Covid yang mengamanatkan penguncian, karantina, dan perbatasan yang ketat. Negara ini sekarang mencoba untuk meningkatkan vaksinasi untuk populasi lansia yang rentan karena lonjakan kasus tersebut membebani sistem perawatan kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keraguan akan Vaksin

Lonjakan itu juga membuat beberapa ahli meragukan apakah vaksin utama yang digunakan di China - Sinovac dan Sinopharm - dapat memberikan kekebalan jangka panjang.

“Orang-orang terinfeksi karena BF.7 [subvarian Omicron yang menurut laporan mendorong lonjakan di China] sangat menular dan lolos dari semua kekebalan sebelumnya. Jika Anda tidak memiliki kekebalan, Anda mendapatkan lebih banyak penyakit yang akan memengaruhi orang lanjut usia dan populasi imunosupresi," kata ahli virologi Dr Jacob John.

3 dari 4 halaman

Kasus di India

Selama beberapa bulan terakhir, India melaporkan empat kasus Covid-19 yang disebabkan oleh BF.7 - semua pasien telah pulih, kata pejabat kesehatan.

“Covid masih ada, orang masih tertular dan dirawat di rumah sakit. Jadi bukan berarti kita bebas Covid, tapi menjadi seperti infeksi saluran pernapasan atas lainnya, seperti influenza,” kata ahli epidemiologi Dr Lalit Kant.

4 dari 4 halaman

Kekebalan di India

Beban kasus yang rendah di India sebagian besar dapat dikaitkan dengan kekebalan yang telah diperoleh orang India selama tiga tahun terakhir.

Dr A Fathahudeen, seorang ahli perawatan kritis terkemuka yang telah merawat ribuan pasien Covid, mengatakan bahwa "dinding kekebalan hibrida" India melawan Covid-19 "memuaskan" karena mayoritas orang telah menggunakan dua dosis vaksin atau memperoleh kekebalan alami dari tertular penyakit lebih awal.

Dia juga menunjukkan bahwa vaksin yang digunakan di India "lebih manjur daripada yang digunakan di China".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan.
    Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan.

    kasus covid

  • virus corona