Sukses

Gara-Gara Rombongan Berkuda, TV untuk Nonton Bareng Pemakaman Ratu Elizabeth II di Windsor Dimatikan

Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II tak hanya bisa kita lihat secara langsung, tetapi Inggris juga menyediakan bioskop dan layar besar di beberapa pusat kota agar para pelayat bisa menonton prosesi bersama-sama.

Liputan6.com, London - Layar TV raksasa yang menayangkan pemakaman Ratu Elizabeth II kepada ribuan pelayat di Windsor ternyata sempat dimatikan. Mengapa? Karena 'alasan keamanan' akibat 'kehadiran kuda'— beberapa saat setelah mengalami gangguan teknis selama acara bersejarah tersebut berjalan.

Dilansir dari Daily Mail UK, Senin (19/9/2022), sekitar 12 layar dipasang di sepanjang Long Walk ke Kastil Windsor, tetapi, selama berjalannya kebaktian, layar-layar tersebut berkedip dan mati, dan banyak dari penonton melewatkan sebagian besar khotbah Uskup Agung Canterbury setelah layar-layar itu tak menyala selama beberapa menit.

Beberapa orang di kerumunan mengeluh sebelum beralih ke liputan TV di ponsel mereka, tetapi bahkan kemudian mereka kecewa karena sinyalnya sangat buruk mengingat begitu banyaknya jumlah orang yang hadir.

Saat ditayangkan, ada satu waktu di mana audio terdengar tetapi gambar tidak muncul dan kemudian beralih sebaliknya, gambar muncul namun tidak terdengar apapun.

Kemudian, layar mati dan kembali menyala sebelum muncul pesan yang berbunyi 'Karena kehadiran kuda-kuda di Long Walk, layar telah dimatikan untuk sementara waktu’.

Kuda-kuda tersebut ambil bagian dalam perjalanan terakhir pemakaman Ratu Elizabeth II, yang peti matinya melewati halaman kastil menuju Kapel St George, di mana dia dimakamkan bersama Duke of Edinburgh.

Seorang pelayat yang kecewa berkata: 'Saya melewatkan sebagian besar khotbah karena layar TV yang menyala dan mati. Sejujurnya itu sedikit mengganggu karena saya ingin mendengar apa yang dia katakan.

Ketika dihubungi oleh MailOnline, The Royal Borough of Windsor and Maidenhead yang memasang layar tidak dapat menjelaskan kesalahan tersebut.

The Long Walk to Windsor Castle memiliki kapasitas untuk 96.000 masyarakat, tetapi karena khawatir akan ada lebih dari 150.000 pengunjung datang ke daerah tersebut, dewan menyiapkan zona over-spill di mana para pelayat dapat menonton kebaktian di layar besar di luar area tontonan utama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Sekali Seumur Hidup

Tidak berhenti di situ, kekacauan lainnya menimpa orang-orang yang berharap untuk mencapai Windsor dengan kereta api setelah perlintasan dibiarkan terbuka untuk memungkinkan para VIP mencapai tempat pemberhentian layanan Windsor.

Seorang penumpang yang terjebak di kereta api yang berhenti di Datchet berkata: 'Kami menonton upacara pemakaman di TV dan kemudian memutuskan untuk pergi ke Windsor.

"Kami berkendara dari Haywards Heath dan sampai ke Staines dengan cukup cepat karena tidak ada kemacetan lalu lintas dan kami berhasil naik kereta Windsor yang langsung berangkat tepat waktu,” ujar pengunjung tersebut.

"Tapi saat kami sampai di Datchet, kami berhenti dan penjaga mengatakan bahwa kami sedang menunggu VIP untuk melewati perlintasan sehingga kami tidak bisa melewatinya.”

Menjelang akhir kebaktian di Westminster Abbey, matahari menembus awan yang memenuhi Long Walk.

Saat Lagu Kebangsaan dinyanyikan yang menandai akhir kebaktian, mereka yang duduk kemudian berdiri untuk menyanyikan lagu, sebelum keheningan segera kembali untuk lagu ratapan Sleep, dearie, Sleep oleh Queen's Piper, Mayor Paul Burns.

M25 - yang biasanya penuh sesak pada hari Senin pagi - sangat sepi dan nyaris tidak ada kendaraan.

Di Staines-upon-Thames, yang memiliki layanan kereta api ke Windsor, tempat parkir mobil penuh pada pukul 7 pagi waktu London dan ada para marshal yang siap memandu orang-orang ke kereta api.

Refreshment van dan puluhan toilet portabel telah dipasang di sepanjang Long Walk, dan bunga-bunga yang diletakkan selama beberapa hari terakhir oleh para pelayat di pintu masuk Cambridge Gate Kastil telah dibersihkan.

Bunga-bunga tersebut diletakkan di tanah yang berjejer di tepi jalan saat mobil jenazah menuju Kapel St George, sementara plastik pada bunga-bunga telah disingkirkan untuk didaur ulang dan ribuan kartu yang dikumpulkan akan diberikan kepada Keluarga Kerajaan.

Pemimpin Dewan Andrew Johnson mengatakan: 'Ini akan melampaui semua yang telah terjadi sebelumnya. Kami memperkirakan akan ada banyak sekali orang yang datang ke kota, yang tentu saja ini adalah sebuah tantangan.”

"Kami ingin orang-orang aman dan terjaga, tetapi juga dapat turut berpartisipasi dalam seremoni bersejarah ini."

"Ini benar-benar momen sekali seumur hidup, tidak hanya bagi negara ini, tetapi juga bagi kota ini.”

3 dari 4 halaman

Pemakaman Ratu Elizabeth II Bakal Disiarkan 125 Bioskop di Inggris

Sementara itu, prosesi pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin 19 September 2022 kabarnya ditampilkan oleh sekitar 125 bioskop di seluruh Inggris, sementara taman, alun-alun dan katedral juga akan memasang layar untuk acara seremonial besar, kata pemerintah setempat pada Sabtu 17 September.

Layanan pemakaman di Westminster Abbey dan prosesi terkait di London juga akan ditayangkan langsung di televisi oleh BBC, ITV dan Sky, kata departemen kebudayaan Inggris dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Global News, Minggu (18/9/2022).

Presiden, perdana menteri, dan keluarga kerajaan dari seluruh dunia diperkirakan bakal menghadiri pemakaman pemimpin monarki terlama di Inggris. Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September dalam usia 96 tahun.

Pemerintah Inggris juga telah mendeklarasikan hari libur umum saat pemakaman Ratu Elizabeth II, sehingga dapat memicu audiens yang lebih tinggi daripada yang terlihat untuk acara-acara besar lainnya dalam sejarah Inggris baru-baru ini termasuk pemakaman Putri Diana pada tahun 1997, Olimpiade London 2012 dan pernikahan kerajaan.

Untuk menyaksikan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II dalam pemutaran bioskop tak dikenakan biaya alias gratis. dengan banyak lokasi pemutaran sudah memuhi kapasitas, UK Cinema Association (Asosiasi Sinema Inggris) mengatakan pada Kamis 14 September.

Ratusan ribu orang telah mengantre berjam-jam minggu ini untuk memberi penghormatan terakhir kepada peti mati Ratu Elizabeth II, yang disemayamkan di Westminster Hall hingga Senin pagi19 September.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Pemakaman Publik di Kastil Windsor Usai - Raja Charles III Pergi, Jasad Ratu Elizabeth II Akan Dikubur

Berbicara terkait dengan prosesi pemakaman, The committal service atau layanan komitmen dalam rangkaian prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II secara kenegaraan telah berakhir. Peti matinya kemudian dibawa menuju Royal Vault di Kapel St George yang berada di Kastil Windsor untuk upacara pemakaman pribadi.

Sebelum upacara pribadi tersebut, seperti dikutip dari BBC, Senin (19/9/2022), peti mati Ratu Elizabeth II dibawa dalam prosesi di sepanjang Windsor's Long Walk.

Diapit oleh anggota Household Cavalry dan diiringi suara bagpipe dari resimen Skotlandia dan Irlandia, prosesi tersebut membutuhkan waktu 25 menit untuk mencapai Windsor Castle Quadrangle.

Dengan ini, acara pemakaman publik Ratu Elizabeth II di Kapel St George yang dihadiri sekitar 800 orang pun berakhir.

Layanan berakhir, dengan pemain organ memainkan Prelude and Fugue in C minor karya Johann Sebastian Bach.

Raja Charles III dan permaisuri Camilla meninggalkan kebaktian. Keduanya sempat berbicara dengan Uskup Agung Canterbury dan pendeta di luar kapel.

Anggota Keluarga Kerajaan termasuk Raja Charles III meninggalkan kapel dan pergi ke Kastil Windsor. Namun pada pukul 19.30 waktu London atau (01.30 WIB), Raja dan kerabatnya akan kembali ke kapel untuk pemakaman Ratu.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.