Sukses

Korban Tewas Akibat Banjir Lampaui 1.000 Jiwa, Pakistan Baru Dapat Bantuan Kemanusiaan

Operasi bantuan untuk Pakistan sedang berlangsung ketika korban tewas akibat banjir terus meningkat.

Liputan6.com, Islamabad - Operasi bantuan besar-besaran sedang berlangsung pada Senin (29 Agustus) dan bantuan internasional mulai mengalir ketika Pakistan berjuang untuk mengatasi banjir musim yang telah mempengaruhi lebih dari 33 juta orang.

Dikutip Channel News Asia, Senin (29/8/2022), para pejabat mengatakan 1.061 orang telah tewas sejak Juni ketika hujan musiman dimulai, tetapi jumlah korban terakhir bisa lebih tinggi karena ratusan desa di pegunungan utara telah terputus oleh sungai-sungai yang meluap akibat banjir yang menghanyutkan jalan dan jembatan.

Musim hujan tahunan sangat penting untuk mengairi tanaman dan mengisi kembali danau dan bendungan di seluruh anak benua India, tetapi juga dapat membawa kehancuran.

Para pejabat mengatakan banjir tahun ini telah mempengaruhi lebih dari 33 juta orang - satu dari tujuh warga Pakistan - menghancurkan atau merusak hampir satu juta rumah.

Menteri Perubahan Iklim Sherry Rehman menyebutnya "monsun monster dekade ini".

Banjir tahun ini sebanding dengan tahun 2010 - yang terburuk dalam catatan - ketika lebih dari 2.000 orang meninggal dan hampir seperlima dari negara itu terendam air.

Dekat Sukkur, sebuah kota di provinsi Sindh selatan dan rumah bagi rentetan era kolonial yang menua di Sungai Indus yang sangat penting untuk mencegah bencana lebih lanjut, seorang petani menyesali kehancuran yang terjadi di sawahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lahan Pertanian Hancur

Jutaan hektar lahan pertanian yang kaya telah dibanjiri oleh hujan berminggu-minggu tanpa henti, tetapi sekarang Indus mengancam akan meluapkan tepiannya sebagai akibat derasnya air yang mengalir ke hilir dari anak-anak sungai di utara.

"Tanaman kami membentang lebih dari 5.000 hektar di mana beras kualitas terbaik ditaburkan dan dimakan oleh Anda dan kami," kata Khalil Ahmed, 70, kepada AFP.

"Semuanya sudah selesai."

3 dari 4 halaman

Operasi Bantuan Terhambat

Sebagian besar Sindh sekarang menjadi lanskap air yang tak berujung, menghambat operasi bantuan besar-besaran yang dipimpin militer.

"Tidak ada landasan atau pendekatan yang tersedia ... pilot kami merasa sulit untuk mendarat," kata seorang perwira senior kepada AFP.

Helikopter tentara juga berjuang untuk membawa orang ke tempat yang aman di utara, di mana bukit dan lembah curam membuat kondisi terbang berbahaya.

Banyak sungai di daerah itu, yang merupakan tujuan wisata yang indah - meluap, menghancurkan sejumlah bangunan termasuk hotel dengan 150 kamar yang ambruk menjadi arus deras.

4 dari 4 halaman

Keadaan Darurat

Pemerintah telah mengumumkan keadaan darurat dan meminta bantuan internasional

Pada hari Minggu, penerbangan pertolongan pertama mulai berdatangan - dari Turki dan UEA.

Banjir tidak mungkin datang pada saat yang lebih buruk bagi Pakistan, di mana ekonominya tengah merosot dengan parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.