Sukses

Yunani Berjuang Tangani Kebakaran Hutan di Tengah Gelombang Panas

Yunani tengah menghadapi kebakaran hutan di tengah gelombang panas.

Liputan6.com, Jakarta - Yunani pada Minggu (24 Juli) memerangi tiga kebakaran hutan di seluruh negeri yang memaksa ratusan orang mengungsi, karena suhu yang melonjak meningkatkan kekhawatiran akan lebih banyak kebakaran.

Dilansir laman Channel News Asia, Minggu (24/7/2022), negara ini berada dalam cengkeraman gelombang panas yang dimulai pada hari Sabtu dan diperkirakan akan berlangsung selama 10 hari. Temperatur diperkirakan naik hingga 42 derajat Celcius di beberapa wilayah.

Para ahli menyalahkan perubahan iklim atas kenaikan suhu - dan memperingatkan bahwa yang lebih buruk belum datang.

Kebakaran berkobar di utara, timur dan selatan Yunani termasuk di pulau Lesbos.

Para pejabat memerintahkan evakuasi sekitar 200 orang pada Minggu sore dari desa Vryssa di Lesbos ketika api semakin mendekat, sekitar 500m dari rumah-rumah, kata wakil walikota Lesbos barat kepada radio Skai.

Asap tebal sudah menyelimuti rumah-rumah pertama Vryssa.

Kebakaran terjadi sehari sebelumnya, menyebabkan ratusan turis dan penduduk mengungsi dari desa tepi pantai Vatera.

Setidaknya empat rumah hancur, TV pemerintah ERT melaporkan, dan kebakaran merusak sejumlah toko, hotel, dan bar pantai yang tidak diketahui jumlahnya di desa tersebut.

Puluhan petugas pemadam kebakaran pada Minggu pagi berteriak-teriak untuk mengendalikan kobaran api, dengan empat pesawat yang menjatuhkan air dan dua helikopter beroperasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hanguskan Hutan

Di wilayah timur laut Evros, kebakaran hutan berkobar untuk hari keempat di Taman Nasional Dadia, yang dikenal dengan koloni burung hering hitamnya.

Kebakaran telah menghanguskan hampir 500ha hutan.

Lebih dari 300 petugas pemadam kebakaran berjuang untuk mengendalikan api di Evros dan Sabtu malam, asap tebal memaksa evakuasi desa Dadias.

Tidak diketahui berapa banyak orang yang dievakuasi.

"Yang paling penting bagi kami adalah keselamatan penduduk desa dan semua pasukan akan dikerahkan di sana," kata Gubernur Evros Dimitris Petrovits kepada Athens News Agency.

Api sudah melewati observatorium burung raptor dan mendekati gedung-gedung unit pengelolaan kawasan lindung.

Petrovits mengatakan mengumpulkan dan merawat hewan yang terluka adalah prioritas utama bagi pihak berwenang.

3 dari 3 halaman

Terpaksa Evakuasi

Di Peloponnese, semenanjung selatan, kebakaran yang terjadi Sabtu pagi memaksa evakuasi desa Chrysokelaria.

Menjelang tengah hari pada hari Minggu, petugas pemadam kebakaran telah berhasil memadamkan api.

Kebakaran hutan di pegunungan dekat Athena pada Rabu juga merusak rumah dan memaksa ratusan orang mengungsi setelah angin kencang awal pekan ini.

Bencana kebakaran hutan terburuk Yunani menewaskan 102 jiwa pada 2018 di pinggiran pantai Mati, timur Athena.

Kebakaran terbaru terjadi setelah gelombang panas dan kebakaran hutan tahun lalu menghancurkan 103.000 hektar dan merenggut tiga nyawa di Yunani.

Kebakaran di beberapa bagian Prancis, Spanyol, dan Portugal telah membakar lebih banyak lahan sepanjang tahun ini daripada yang dimusnahkan oleh api sepanjang tahun 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.