Sukses

Protes di Sri Lanka Akibatkan 1 Orang Tewas dan 84 Lainnya Terluka

Aksi protes massa yang dilakukan warga Sri Lanka menewaskan 1 orang dan lainnya terluka.

Liputan6.com, Jakarta - Satu orang tewas dan 84 lainnya cedera setelah protes mengguncang ibu kota Sri Lanka, Kolombo, pada Rabu 13 Juli 2022, kata pejabat rumah sakit.

Dilansir BBC, Kamis (14/7/2022), pria berusia 26 tahun itu meninggal karena kesulitan bernapas setelah pasukan polisi melontarkan gas air mata ke arah pengunjuk rasa.

Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe ditunjuk sebagai penjabat presiden setelah Presiden Gotabaya Rajapaksa meninggalkan negara itu. Namun, keputusan itu memicu protes lebih lanjut menuntut agar dia juga mengundurkan diri.

Pejabat rumah sakit di Rumah Sakit Nasional Kolombo mengatakan, cedera itu berasal dari pengunjuk rasa yang berada di luar kantor perdana menteri serta mereka yang berada di luar parlemen pada malam hari.

Polisi menembakkan gas air mata ke arah pengunjuk rasa yang berusaha mendobrak gerbang kantor perdana menteri di Kolombo, sebelum akhirnya berhasil masuk. Mereka kemudian berjalan menuju parlemen.

Seorang juru bicara militer mengatakan kepada BBC bahwa seorang tentara dan polisi termasuk di antara yang terluka, dan menuduh bahwa senapan serbu dengan amunisi telah dicuri oleh seorang pengunjuk rasa dan tidak belum pulih.

Sejak Kamis pagi, Sri Lanka memberlakukan jam malam baru, yang akan diberlakukan mulai pukul 12.00 pada hari Kamis hingga pukul 05.00 pada hari Jumat, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Protes pecah ketika Sri Lanka telah menderita krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade.

Banyak yang menyalahkan pemerintahan Rajapaksa atas krisis tersebut dan melihat Wickremesinghe, yang menjadi perdana menteri pada Mei, sebagai bagian dari masalah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kantor PM Digeruduk Massa

Dalam pidato televisi pada Rabu malam, Wickremesinghe telah meminta para pengunjuk rasa untuk meninggalkan kantornya yang diduduki dan gedung-gedung negara lainnya dan bekerja sama dengan pihak berwenang.

Dia juga mengatakan kepada militer untuk melakukan "apa pun yang diperlukan" untuk memulihkan ketertiban.

Pernyataannya muncul beberapa jam setelah Rajapaksa melarikan diri ke Maladewa - beberapa hari setelah kediaman resminya diserbu.

Rajapaksa telah berjanji untuk mengundurkan diri pada hari Rabu, tetapi masih belum menyerahkan surat pengunduran diri secara resmi.

Pemimpin, yang telah menikmati kekebalan dari penuntutan sebagai presiden, diyakini ingin melarikan diri ke luar negeri sebelum mengundurkan diri untuk menghindari kemungkinan penangkapan oleh pemerintahan baru.

3 dari 4 halaman

Kekosongan Jabatan

Kepergian presiden mengancam kekosongan kekuasaan potensial di Sri Lanka, yang membutuhkan pemerintah yang berfungsi untuk membantu menggalinya dari kehancuran finansial.

Politikus dari partai lain telah berbicara tentang pembentukan pemerintah persatuan baru tetapi belum ada tanda-tanda mereka hampir mencapai kesepakatan. Juga tidak jelas apakah publik akan menerima apa yang mereka buat.

Dalam sebuah pernyataan pers pada hari Rabu, tim Wickremesinghe mengatakan dia telah meminta ketua parlemen untuk mencalonkan perdana menteri baru "yang dapat diterima baik oleh pemerintah maupun oposisi".

4 dari 4 halaman

Kandidat Pengganti

Sebelumnya pada hari Senin, pemimpin oposisi utama Sajith Premadasa mengatakan kepada BBC bahwa dia akan mencalonkan diri sebagai presiden.

Tapi, seperti Wickremesinghe kurang mendapat dukungan publik. Ada juga kecurigaan publik yang mendalam terhadap politisi pada umumnya.

Gerakan protes yang telah membawa Sri Lanka ke ambang perubahan juga tidak memiliki pesaing yang jelas untuk kepemimpinan negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.