Sukses

Korea Selatan, Jepang dan AS Kecam Uji Coba Rudal Korea Utara: Ini Provokasi Serius

Korea Utara telah menguji coba delapan rudal balistik jarak pendek ke arah laut di lepas pantai timurnya.

Liputan6.com, Jakarta - Korea Utara melakukan uji coba peluncuran rudal baru-baru ini. Uji coba rudal itu dinilai merupakan provokasi yang "serius dan melanggar hukum," kata para wakil menteri luar negeri dari Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang, Rabu (8/6/2022).

Mereka pun mendesak Pyongyang untuk kembali ke meja perundingan dan menerima tawaran bantuan kemanusiaan COVID-19.

Desakan itu disampaikan Wakil Menlu Korea Selatan Cho Hyun-dong, Wakil Menlu AS Wendy Sherman dan Wakil Menlu Jepang Takeo Mori usai bertemu di Seoul, tiga hari setelah Korea Utara melakukan uji coba rudal baru-baru ini.

Pertemuan tiga hari ketiga menlu itu –pertama kali sejak November– menegaskan urgensi dan gawatnya uji coba senjata Korea Utara yang terus meningkat.

Para pejabat Seoul dan Washington sebelumnya mengatakan Korea Utara siap melakukan uji coba senjata nuklir pertama sejak 2017, seperti dikutip dari Antara. Sherman ketika itu mengatakan uji coba semacam itu akan mengundang reaksi keras dan tegas.

Korea Utara telah menguji coba delapan rudal balistik jarak pendek ke arah laut di lepas pantai timurnya, sehari setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat menyelesaikan latihan angkatan laut di Laut Filipina.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan rudal-rudal itu ditembakkan dari daerah Sunan di ibu kota Korea Utara, Pyongyang, pada Minggu 5 Juni 2022, seperti dikutip dari Al Jazeera. Rudal-rudal itu terbang antara 110 km-600 km (70-370 mil) pada ketinggian antara 25 km hingga 90 km (15-55 mil).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korea Utara 18 Kali Uji Coba Rudal

 

Pemerintah Jepang juga melaporkan bahwa Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik yang dicurigai. Peluncuran itu merupakan uji coba rudal putaran ke-18 Korea Utara pada tahun 2022 saja – sebuah rentetan yang telah mencakup demonstrasi pertama rudal balistik antarbenua di negara itu dalam hampir lima tahun.

Pejabat Korea Selatan dan AS mengatakan ada tanda-tanda bahwa Korea Utara juga terus maju dengan persiapan di tempat uji coba nuklirnya di kota timur laut Punggye-ri. Uji coba nuklir Korea Utara berikutnya akan menjadi yang ketujuh sejak 2006 dan yang pertama sejak mengklaim telah meledakkan bom termonuklir agar sesuai dengan ICBM-nya pada September 2017.

Menanggapi uji coba rudal Korut, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengadakan pertemuan Dewan Keamanan Nasional dan memerintahkan "perluasan penangkalan terhadap Korea Selatan dan Amerika Serikat dan terus memperkuat postur pertahanan bersatu".

Pertemuan NSC itu meyakinkan bahwa peluncuran rudal itu adalah "ujian dan tantangan" Korea Utara terhadap kesiapan keamanan pemerintahan baru Korea Selatan, yang mulai menjabat pada Mei, kata kantor presiden dalam rilis berita.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan Kim Gunn, Perwakilan Khusus untuk Urusan Perdamaian dan Keamanan Semenanjung Korea, membahas "provokasi" itu dengan Perwakilan Khusus AS Sung Kim, orang penting AS untuk urusan Korea Utara. Kim Gunn juga mengadakan konferensi telepon dengan rekannya dari Jepang Funakoshi Takehiro.

Ketiga pria itu telah bertemu di Seoul pada hari Jumat dan telah berjanji untuk mempersiapkan "semua kontinjensi" jika Korea Utara menguji senjata nuklir.

3 dari 4 halaman

Unjuk Kekuatan

Di Tokyo, Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi mengatakan Korea Utara telah meluncurkan beberapa rudal, dan bahwa tindakan itu "tidak dapat ditoleransi".

Dia mengatakan pada sebuah pengarahan bahwa setidaknya satu rudal memiliki lintasan variabel, yang menunjukkan bahwa rudal itu dapat bermanuver untuk menghindari pertahanan rudal.

Sementara itu, Komando Indo-Pasifik AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa beberapa peluncuran rudal balistik Korea Utara menyoroti dampak destabilising dari program senjata terlarangnya tetapi peristiwa itu tidak menimbulkan ancaman langsung.

Michael Duitsman, dengan James Martin Center for Nonproliferation Studies (CNS) yang berbasis di AS, mengatakan itu tampaknya menjadi tes tunggal terbesar yang pernah dilakukan oleh Korea Utara.

Sejumlah besar rudal juga menyarankan latihan militer atau unjuk kekuatan, daripada uji coba teknologi baru.

Peristiwa terbaru itu terjadi setelah kapal-kapal Korea Selatan dan AS menyelesaikan latihan selama tiga hari di perairan internasional di lepas pulau Okinawa, Jepang, termasuk operasi pertahanan udara, anti-kapal, anti-kapal selam, dan interdiksi maritim.

4 dari 4 halaman

Kapal Bertenaga Nuklir

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan latihan itu, termasuk USS Ronald Reagan, kapal induk bertenaga nuklir seberat 100.000 ton, "mengkonsolidasikan tekad kedua negara untuk dengan tegas menanggapi setiap provokasi Korea Utara".

Latihan gabungan itu merupakan latihan pertama kedua negara yang melibatkan kapal induk sejak November 2017. Mereka datang setelah Yoon, yang mulai menjabat pada 10 Mei, setuju dengan Presiden AS Joe Biden untuk meningkatkan latihan militer bilateral untuk mencegah Pyongyang.

Korea Utara telah mengkritik latihan bersama sebelumnya sebagai contoh "kebijakan bermusuhan" Washington yang berkelanjutan terhadap Pyongyang meskipun ada pembicaraan tentang diplomasi.

Pekan lalu, AS menyerukan lebih banyak sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa terhadap Korea Utara atas peluncuran rudal balistiknya, tetapi China dan Rusia memveto saran itu, secara terbuka memecah Dewan Keamanan PBB tentang Korea Utara untuk pertama kalinya sejak mulai menghukumnya pada tahun 2006, ketika Korea Utara melakukan uji coba nuklir pertamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.