Sukses

Klaim Berhasil Tangani Pandemi, Situasi COVID-19 di Korea Utara Masih Jadi Misteri

Situasi COVID-19 di Korea Utara masih menjadi misteri.

Liputan6.com, Pyongyang - Selama lebih dari dua tahun, sewaktu COVID-19 mewabah di seluruh dunia, Korea Utara bersikeras bahwa negara itu tidak mencatat satu pun infeksi virus corona, yang menurut sebagian besar pakar nyaris mustahil.

Ini berubah pada pertengahan Mei, sewaktu Korea Utara melaporkan ledakan kasus dan memobilisasi militer untuk menanggapi apa yang disebutnya sebagai “darurat nasional utama.”

Banyak pemerintah negara asing dan organisasi bantuan kemanusiaan internasional khawatir akan hal terburuk: wabah di Korea Utara telah berkembang begitu hebat sampai-sampai Pyongyang tidak lagi dapat menyembunyikannya. Demikian seperti dikutip dari laman VOA Indonesia, Selasa (31/5/2022). 

Namun, dalam dua pekan sejak Korea Utara mengungkapkan tentang wabah itu, media pemerintah telah menggambarkan situasi yang membaik dengan pesat.

Jumlah kasus baru dan yang ada telah menyusut sejak pertengahan Mei, menurut data harian yang diterbitkan di surat kabar Rodong Sinmun. Selama sepekan terakhir, surat kabar pemerintah itu melaporkan hanya dua kematian terkait wabah.

Media pemerintah pada Minggu menyatakan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memimpin pertemuan di mana ia “membuat evaluasi positif mengenai situasi pandemi yang terkontrol dan membaik di berbagai penjuru negara.”

Kemudian pada hari yang sama, lockdown terkait pandemi di ibu kota, Pyongyang, dilonggarkan sebagian, menurut berbagai media luar negeri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dicurigai Pengamat

Pesan beragam ini membingungkan para pengamat, yang berupaya mengetahui mengapa Korea Utara pada akhirnya mengakui adanya wabah COVID-19, tetapi kemudian menerbitkan angka-angka resmi yang hampir mustahil dipercaya.

“Data mereka tidak masuk akal,” kata Christopher Green, spesialis Korea di Leiden University, Belanda. “Kami memiliki banyak kasus perbandingan – dunia telah mengalami ini. Tidak ada alasan untuk menerima “data virus corona Korea Utara) begitu saja”

Hingga Senin, Korea Utara telah melaporkan 3,55 juta kasus yang diduga COVID-19, angka yang mencakup sekitar 14% dari populasi total negara itu. Namun, media pemerintah Korea Utara hanya melaporkan 70 kematian.

Jika data Korea Utara itu dapat dipercaya, negara itu mencatat tingkat kematian COVID-19 0.002% - yang terbaik di dunia sejauh ini.

3 dari 4 halaman

Perbandingan dengan Korea Selatan

Sebagai perbandingan, Korea Selatan telah melaporkan tingkat kematian akibat COVID-19 0.13%. Menerapkan tingkat kematian Korea Selatan pada kasus dugaan di Korea Utara akan berarti lebih dari 4.600 orang telah meninggal.

Namun, membandingkan kedua Korea itu kemungkinan tidak akan memberikan hasil yang berarti, karena Korea Selatan memiliki sistem layanan kesehatan yang efisien serta modern dan merupakan salah satu negara dengan tingkat vaksinasi COVID-19 tertinggi di dunia.

Sementara itu Korea Utara belum memulai vaksinasi massal COVID-19 dan sistem layanan kesehatannya tidak memadai, kata Jung Hae-hun, spesialis pengobatan preventif dan penasihat kebijakan COVID-19 bagi pemerintah Korea Selatan.

4 dari 4 halaman

Pembatasan COVID-19 Dicabut

Korea Utara mencabut pembatasan aturan pergerakan yang diberlakukan di ibu kota Pyongyang setelah penerimaan pertama wabah COVID-19 beberapa minggu yang lalu.

Hal ini dilaporkan media setempat ketika negara yang terisolasi itu mengatakan bahwa situasi virus sekarang terkendali.

Korea Utara telah berada dalam pertempuran sengit melawan gelombang COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak menyatakan keadaan darurat dan memberlakukan penguncian nasional bulan ini.

Akibatnya, memicu kekhawatiran tentang kurangnya vaksin, pasokan medis, dan kekurangan makanan, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (30/5/20220.

Pada Minggu (29/5), pembatasan telah dicabut, kata kantor berita Jepang Kyodo, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya di Beijing.

Seorang juru bicara kementerian unifikasi Korea Selatan yang menangani urusan antar-Korea mengatakan tidak dapat mengkonfirmasi laporan tersebut, karena media pemerintah Korea Utara belum mengumumkan keputusan tersebut.

Laporan Kyodo muncul tak lama setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memimpin pertemuan politbiro untuk membahas revisi pembatasan anti-epidemi, menilai situasi wabah COVID-19 pertama negara itu "membaik".

"Biro Politik memeriksa masalah koordinasi dan penegakan peraturan dan pedoman anti-epidemi secara efektif dan cepat mengingat situasi anti-epidemi yang stabil saat ini," kata media pemerintah Korea Utara, KCNA, Minggu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.