Sukses

WHO: Wabah Hepatitis Misterius pada Anak Menyebar di 20 Negara, Ada Indonesia

Secara global, 228 anak telah sakit dengan bentuk penyakit hati yang tidak biasa dan 50 kasus lainnya yang dicurigai sedang diselidiki yang disebut hepatitis misterius.

Liputan6.com, Jakarta - Delapan negara lagi telah melaporkan kasus hepatitis misterius pada anak-anak dalam seminggu terakhir, Organisasi Kesehatan Dunia telah mengkonfirmasi.

Mengutip Daily Mail, Rabu (4/5/2022), ini menjadikan jumlah total negara dengan kasus hepatitis misterius menjadi 20. Secara global, 228 anak telah sakit dengan bentuk penyakit hati yang tidak biasa dan 50 kasus lainnya yang dicurigai sedang diselidiki.

Satu kematian telah dikonfirmasi tetapi empat lainnya dicurigai, dan 18 anak memerlukan transplantasi hati.

Juru bicara WHO Tarik Jasarevic mengatakan kepada wartawan di Jenewa: 'Pada 1 Mei, setidaknya 228 kemungkinan kasus dilaporkan ke WHO dari 20 negara, dengan lebih dari 50 kasus tambahan sedang diselidiki.'

Sebagian besar kasus telah terdeteksi di Inggris (145) dan AS (20), yang memiliki beberapa sistem pengawasan terkuat.

Sebelumnya diumumkan kasus hepatitis yang 'tidak diketahui asalnya' telah dikonfirmasi di Irlandia, Spanyol, Prancis, Jerman, Belgia, Italia dan Belanda, serta Israel, Denmark, Norwegia dan Rumania.

Dalam pembaruan pertama tentang wabah hepatitis sejak 23 April, WHO mengatakan kasus telah menyebar ke delapan negara lagi.

Badan tersebut tidak mengungkapkan negara mana yang telah melaporkan kasus tambahan tetapi badan kesehatan lainnya mengungkapkan Austria, Jerman, Polandia, Jepang dan Kanada telah mendeteksi kasus, sementara Singapura sedang menyelidiki kemungkinan kasus pada bayi berusia 10 bulan.

Dan Indonesia pada 3 Mei mengatakan tiga anak meninggal karena diduga hepatitis yang tidak diketahui penyebabnya.

Laporan Kasus dari Inggris dan Indonesia

145 anak-anak yang terkena dampak di Inggris, yang sebagian besar berusia lima tahun ke bawah, awalnya menderita diare dan mual, diikuti oleh penyakit kuning – menguningnya kulit dan bagian putih mata.

WHO mengkonfirmasi satu kematian, meskipun tidak mengungkapkan lokasinya. Satu kematian di AS sedang diselidiki, bersama dengan tiga di Indonesia.

Kepala kesehatan Inggris mengatakan kepada MailOnline hari ini bahwa tidak ada kematian akibat hepatitis yang tercatat di Inggris.

Anak-anak di Indonesia, usia dua, delapan dan 11 tahun, menderita demam, sakit kuning, serta sakit perut, muntah, diare, dan air seni berwarna gelap.

Kepala kesehatan negara itu menduga kasusnya adalah hepatitis tetapi mereka menjalankan tes untuk menentukan apakah virus hepatitis A hingga E yang biasa ada di belakang mereka, atau jika asalnya tidak diketahui.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bikin Ilmuwan Bingung, Adenovirus atau Mutasi COVID-19?

Para ahli mengatakan hitungan saat ini bisa menjadi 'puncak gunung es', dengan banyak negara baru sekarang meningkatkan pengawasan untuk komplikasi yang tidak biasa.

Sebagian besar kasus sejauh ini telah terdeteksi di Eropa tetapi ada yang lain di Amerika, Pasifik Barat dan Asia Tenggara.

Para ilmuwan dibingungkan oleh banyaknya kasus karena tidak ada anak-anak yang terkena dampak positif virus penyebab hepatitis yang normal.

Adenovirus – yang biasanya menyebabkan flu biasa dan penyakit perut – dianggap sebagai biang keladinya, meskipun jarang menyebabkan peradangan hati.

Ada kekhawatiran lockdown mungkin telah melemahkan kekebalan anak-anak terhadap virus yang biasanya jinak, dan penyelidikan juga melihat apakah adenovirus yang bermutasi atau COVID-19 terlibat.

Tetapi para ilmuwan Inggris telah mengakui bahwa dibutuhkan setidaknya tiga bulan sampai kepala kesehatan tahu persis apa yang ada di balik serentetan kasus.

3 dari 4 halaman

Jaga Kebersihan, Meski Penularan Rendah pada Anak

WHO pertama kali diberitahu tentang kasus tersebut oleh kepala kesehatan di Skotlandia pada 5 April, setelah mereka mendeteksi 10 kasus pada anak-anak di bawah usia 10 tahun, yang paling awal terjadi pada Januari.

Ini lebih dari rata-rata tujuh hingga delapan kasus hepatitis non-A hingga E yang biasanya dicatat Skotlandia selama setahun.

Dr Meera Chand, direktur klinis dan infeksi yang muncul di UKHSA, mengatakan orangtua mungkin khawatir tetapi kemungkinan anak mereka mengembangkan hepatitis 'sangat rendah'.

'Namun, kami terus mengingatkan orang tua untuk waspada terhadap tanda-tanda hepatitis - terutama penyakit kuning, yang paling mudah dikenali sebagai semburat kuning di bagian putih mata - dan hubungi dokter Anda jika Anda khawatir,' katanya.

Dr Chand menambahkan: 'Langkah-langkah kebersihan normal termasuk mencuci tangan secara menyeluruh dan memastikan anak-anak mencuci tangan mereka dengan benar, membantu mengurangi penyebaran banyak infeksi umum.

'Seperti biasa, anak-anak yang mengalami gejala seperti muntah dan diare harus tinggal di rumah dan tidak kembali ke sekolah atau penitipan anak sampai 48 jam setelah gejalanya berhenti.'

4 dari 4 halaman

Jarang Terjadi Pada Anak

Hepatitis biasanya jarang terjadi pada anak-anak, tetapi para ahli telah melihat lebih banyak kasus di Inggris sejak Januari daripada yang biasanya mereka harapkan dalam setahun.

Para ilmuwan sebelumnya telah menyarankan bahwa kasus-kasus itu bisa jadi hanya 'puncak gunung es', dengan kemungkinan besar ada di luar sana daripada yang terlihat sejauh ini.

Profesor Alastair Sutcliffe, seorang dokter anak terkemuka di University College London, mengatakan kepada MailOnline bahwa kepala kesehatan mungkin tidak mengetahui penyebabnya sampai akhir musim panas ini.

Dia berkata: 'Dengan metode modern, informatika, komputasi canggih, PCR waktu nyata dan penyaringan seluruh genom, saya pikir menemukan penyebabnya dengan beberapa keandalan yang masuk akal akan memakan waktu tiga bulan.'

Profesor Sutcliffe mengatakan menemukan penyebabnya bisa jadi sangat sulit dibatasi oleh birokrasi melintasi batas-batas internasional, dengan kesulitan dalam mengangkut biomaterial lintas negara.

Persetujuan orangtua, perlindungan data, dan undang-undang yang mengatur penggunaan jaringan manusia di Inggris dapat memperlambat penelitian, katanya.

Mencari penyebab yang tidak diketahui sangat sulit karena kasus mungkin memiliki banyak faktor di belakang mereka yang tidak konsisten di semua penyakit.

Pejabat kesehatan Inggris telah mengesampingkan vaksin COVID-19 sebagai kemungkinan penyebab, dengan tidak ada anak-anak Inggris yang sakit yang divaksinasi karena usia mereka yang masih muda.

Pejabat Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) mengatakan penyakit itu 'cukup langka' tetapi menilai risiko bagi anak-anak sebagai 'tinggi' karena dampak potensial.

Risiko untuk anak-anak Eropa tidak dapat dinilai secara akurat karena bukti penularan antar manusia tidak jelas dan kasus di Uni Eropa 'sporadis dengan tren yang tidak jelas', katanya.

Tetapi mengingat penyebab penyakit yang tidak diketahui dan potensi keparahan penyakit yang ditimbulkan, ECDC mengatakan wabah itu 'merupakan peristiwa kesehatan masyarakat yang memprihatinkan'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.