Sukses

Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Taiwan

Gempa bumi bermagnitudo 5,7 mengguncang Taiwan.

Liputan6.com, Taipei - Gempa bermagnitudo 5,7 melanda wilayah dekat Hengchun, Taiwan pada hari Jumat, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Dilansir dari laman Channel News Asia, Jumat (8/4/2022), gempa itu berada pada kedalaman 10 km, kata USGS.

Sebelumnya, gempa di Taiwan terjadi pada Rabu 23 Maret 2022 pagi waktu setempat. Gempa bumi mengguncang bagian tenggara pulau itu, kata otoritas cuaca setempat, dengan satu orang dilaporkan terluka.

Menurut Central Weather Bureau (Biro Cuaca Pusat), gempa terjadi sekitar pukul 01.41 pagi waktu setempat dan tercatat di bawah 6 dari pada skala intensitas seismik 7 di Taitung County di tenggara Taiwan.

Mengutip Kyodo News, Rabu 23 Maret 2022, gempa pada kedalaman sekitar 30 kilometer terasa di sebagian besar pulau, dengan media lokal melaporkan satu orang terluka karena kaca jendela yang pecah.

Di Taitung, gempa juga menyebabkan pipa air pecah serta menutup sebagian jalan setelah sebuah batu besar jatuh.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan bahwa bagian dari rantai Pulau Nansei termasuk Pulau Miyako mungkin mengalami sedikit perubahan permukaan laut selama beberapa jam tetapi tidak ada bahaya tsunami.

Pusat gempa berada di lepas Taiwan dan sekitar 280 kilometer barat daya Pulau Ishigaki, kata badan tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Susulan

Kala itu, ada sekitar 150 gempa susulan, sebagian besar di bawah 3,6 skala Richter, setelah gempa awal, kata Chen Kuo-chang, kepala Pusat Seismologi Biro Cuaca Pusat Taiwan.

Gempa bumi 6.0 atau lebih dapat terbukti mematikan, meskipun banyak tergantung di mana ia menyerang dan pada kedalaman berapa.

Terakhir kali Taiwan mengalami gempa dengan kekuatan yang sama adalah pada bulan Januari, ketika gempa berkekuatan 6,2 melanda pantai timurnya. Tidak ada kerusakan yang meluas atau cedera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.