Sukses

Alasan Mengapa April Mop Dirayakan Setiap 1 April

April Mop atau yang dikenal sebagai April Fools Day dirayakan setiap 1 April.

Liputan6.com, Jakarta - April Mop jatuh pada tanggal 1 April setiap tahun dan orang-orang merayakan hari ini dengan bermain prank dan lelucon satu sama lain.

Pada 2022, hari itu jatuh pada hari Jumat, 1 April. Tahun lalu di tahun 2021, April Mop jatuh pada hari Kamis, dan pada tahun 2020 jatuh pada hari Rabu.

Dilansir dari laman Yorkshire Post, Jumat (1/4/2022), sementara asal pastinya masih belum diketahui, beberapa sejarawan percaya bahwa hari itu pertama kali diperkenalkan pada 1582, ketika Prancis mengubah kalender Julian menjadi kalender Gregorian, yang diminta oleh Dewan Trent pada 1563.

Sama seperti penanggalan Hindu, penanggalan Julian tahun baru dimulai dengan ekuinoks musim semi sekitar tanggal 1 April.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dirayakan 1 April

Anggota masyarakat mengambil beberapa saat untuk menangkap kalender baru dan bahwa awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari, jadi mereka terus merayakannya selama minggu terakhir bulan Maret hingga 1 April.

Akibatnya, mereka menjadi subjek lelucon dan tipuan dan disebut 'April Mop'.

Selama berabad-abad, tradisi itu tetap hidup dan orang-orang dari semua lapisan masyarakat telah berkontribusi pada hari itu dengan lelucon dan tipuan dalam upaya untuk menipu orang.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Tips Bantu Anak Terbiasa Pakai Masker Cegah Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.