Sukses

Ilmuwan: Pemerataan Distribusi Vaksin COVID-19 di Dunia Gagal, Picu Omicron

Sekelompok 300 ilmuwan mengatakan kegagalan negara-negara kaya untuk memberikan akses ke vaksin COVID-19 kepada negara-negara lain sebagai "pendekatan kesehatan masyarakat yang ceroboh."

Liputan6.com, London - Sekelompok 300 ilmuwan mengatakan kegagalan negara-negara kaya untuk memberikan akses ke vaksin COVID-19 kepada negara-negara lain sebagai "pendekatan kesehatan masyarakat yang ceroboh."

Dikatakan, hal itu menyebabkan kondisi yang memungkinkan kemunculan berbagai varian, seperti Omicron yang sangat menular, demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (30/1/2022).

Harian The Telegraph melaporkan bahwa dalam sepucuk surat kepada Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, para ilmuwan itu mengatakan rakyat Inggris dan Dinas Kesehatan Nasional terkena risiko karena kebijakan vaksinasi global Inggris.

Reuters melaporkan bahwa surat itu mendesak Inggris untuk mendukung dikecualikannya hak-hak atas kekayaan intelektual bagi vaksin, tes dan pengobatan COVID-19.

Menurut The Telegraph, para ilmuwan yang menandatangani surat itu termasuk seorang pemenang hadiah Nobel dan mantan kepala eksekutif Dinas Kesehatan Nasional.

Tiga miliar orang di seluruh dunia masih belum divaksin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus COVID-19 di Dunia 30 Januari 2022

Kasus COVID-19 di dunia sedang melonjak tinggi di awal 2022. Hingga Minggu (30/1/2022), ada 81,7 juta kasus baru virus corona dalam 28 hari terakhir.

Angka itu berasal dari data terkini Johns Hopkins University. Berikut lima negara dengan kasus baru COVID-19 terbanyak selama periode 28 hari terakhir:

1. Amerika Serikat: 19,2 juta kasus

2. Prancis: 8,5 juta

3. India: 5,9 juta

4. Italia: 4,5 juta

5. Spanyol: 3,4 juta

Di Asia Tenggara, Filipina masih berada di urutan pertama dengan kasus baru mencapai 667 ribu dalam 28 hari terakhir. Selanjutnya, ada Vietnam dengan 486 ribu kasus.

Kasus baru di Israel juga tinggi, yakni mencapai 1,3 juta kasus, meski sebelumnya tingkat vaksinasi Israel sempat dipuji.

Total dosis vaksin yang telah disalurkan di dunia mencapai 9,9 miliar dosis. Sementara, angka kematian dalam 28 hari terakhir mencapai 211 ribu.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini