Sukses

Hujan Lebat dan Banjir di Wilayah Tenggara Brasil Tewaskan 10 Orang

Banjir di wilayah tenggara dari Brasil menewaskan 10 orang.

Liputan6.com, Raposos - Hujan deras di negara bagian Minas Gerais, Brasil, menewaskan 10 orang dalam dua hari, menurut laporan resmi Selasa 11 Januari 2022, yang memperingatkan hujan lebat yang lebih intens di wilayah tersebut.

Para korban, di antaranya seorang gadis berusia 11 tahun, meninggal pada hari Minggu dan Senin karena hujan, banjir, dan tanah longsor, menurut Koordinator Pertahanan Sipil Negara. Demikian menurut laporan Channel News Asia, Rabu (12/1/2022). 

Sejak hujan turun pada awal Oktober 2021, 19 orang tewas di negara bagian tenggara Brasil itu. Sepuluh orang lagi tewas Sabtu ketika pecahan batu besar terlepas dari jurang dan jatuh ke empat perahu wisata di Danau Furnas.

Hitungan saat ini mengatakan 17.237 orang harus meninggalkan rumah mereka atau mencari perlindungan karena badai.

"Januari sangat sulit bagi Minas Gerais karena kuantitas, apalagi konsentrasi, hujan dalam waktu singkat," kata wakil gubernur negara bagian itu, Paulo Brant, dalam video yang diunggah di Instagram.

"Kita seharusnya tidak mengutuk hujan atau menyalahkan alam. Sebagian besar efeknya adalah karena kesalahan masa lalu seperti pemekaran kota yang tidak teratur, dan sedimentasi dan pencemaran sungai," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banjir Hanyutkan Rumah Warga

Bendungan pertambangan meluap pada hari Sabtu sehingga mengganggu lalu lintas di jalan raya utama selama dua hari.

Kelompok Vallourec Prancis didenda sekitar 60 juta dolar karena "kerusakan lingkungan" tiga hari kemudian, pemerintah setempat mengumumkan.

Dari 853 kota madya di Minas Gerais, 145 berada dalam keadaan darurat akibat cuaca ekstrem.

Di Juatuba, sebuah kota yang terletak sekitar 50 km dari ibukota negara bagian Belo Horizonte.

"Kami kehilangan segalanya. Istri dan anak-anak saya meninggalkan rumah dengan perahu," kata seorang korban kepada AFP.

Pertahanan Sipil memperingatkan bahwa kondisi pada hari Selasa di Minas Gerais akan mencakup "hujan sedang hingga lebat yang mungkin disertai dengan sengatan listrik."

 

3 dari 3 halaman

Infografis Jurus Kemenkes Cegah Laju Omicron:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.