Sukses

Selain Arab Saudi, 4 Negara Ini Juga Punya Aturan Ketat Soal Selfie

Tempat-tempat yang melarang orang untuk melakukan selfie atau swafoto.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas pemerintah Saudi telah membatasi pengambilan foto selfie di dua tempat suci yaitu Masjid Al Haram dan Masjid An Nabawi.

Menurut laporan, penjaga akan menyita ponsel jika mereka terlihat mengambil gambar.

Pihak berwenang mengambil langkah ini setelah selfie yang diambil seorang Yahudi di Mekah muncul, yang memicu banyak kontroversi dan mempertanyakan pemerintah bagaimana seorang non-Muslim bisa berada di tempat yang tidak diperbolehkan.

Larangan selfie ternyata tidak hanya di Arab Saudi, seperti dikutip dari laman Newsable, Rabu (24/11/2021), berikut ini adalah sejumlah tempat yang juga memiliki aturan tersebut:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Korea Selatan

Republik Korea telah mengambil tindakan tegas untuk melarang penggunaan tongkat selfie.

Alasan yang dikemukakan secara de facto cukup beralasan; ada kekhawatiran yang meningkat bahwa tongkat ini dapat mengganggu hiruk pikuk gadget yang menggunakan gelombang radio.

Otoritas setempat pun telah melarang dan memungut denda jika kedapatan menggunakan tongkat selfie yang tidak bersertifikat.

3 dari 6 halaman

2. Inggris

Inggris telah memberikan nasihat yang tegas sehubungan dengan mengambil foto selfie.

Aturan tersebut ditujukan kepada pemilih yang meminta mereka untuk tidak mengklik selfie saat memberikan suara atau berada di sebelah kotak suara dalam pemilu.

Diktat ini juga ditujukan bagi para pejabat khususnya perwira yang kembali. Langkah-langkahnya keras dan wajib karena berasal dari Komisi Pemilihan Inggris.

4 dari 6 halaman

3. Spanyol

Selama menjalankan adu banteng, jika Anda melakukan selfie di Spanyol dapat dikenai denda yang jumlahnya lebih dari yang dibayangkan. Denda yang dikenakan mencapai €3000 Euro atau Rp 48 juta.

Aturan tersebut dikeluarkan untuk kebaikan bersama lantaran Spanyol telah melihat banyak penonton kehilangan nyawa karena mengambil foto narsis selama pertandingan karena kebodohan mereka.

5 dari 6 halaman

4. Australia

Panitia penyelenggara Australian Open 2015 melarang penggunaan tongkat selfie. 

Diketahui bahwa tongkat selfie justru berubah menjadi agen pengalih perhatian bagi peserta pertandingan, yang akhirnya berujung pada pemberlakuan larangan tersebut.

6 dari 6 halaman

Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini