Sukses

Kisah Manchester United dan Penggemar Setianya Kim Jong-un

Rupanya, diktator garis keras Korea Utara Kim Jong-un yang terobsesi privasi adalah penggemar Manchester United.

Liputan6.com, Jakarta - Ada apa dengan pemimpin Korea Utara (Korut) dan klub bola Manchester United?

Rupanya, diktator garis keras Korea Utara Kim Jong-un yang terobsesi privasi adalah penggemar Manchester United. Sejumlah media asing memberitakan hal tersebut.

Kendati demikian, sejak kapan Kim Jong-un mengidolakan klub tersebut tak diketahui pasti.

Apakah ia pemburu kejayaan dari zaman Sir Alex Ferguson, atau baru mulai mengikuti Red Devil atau Setan Merah dalam beberapa tahun terakhir tidak diketahui.

Entah pula kegemarannya pada klub bola itu akibat warna komunis tradisional yang dipakai tim tersebut atau kekagumannya pada gaya manajemen diktator Sir Alex Ferguson -- alasan di balik kegemarannya. Tetapi menurut The Mirror yang dikutip Senin (15/10/2021), Kim adalah penggemar sepak bola Mancunian itu, khususnya striker Wayne Rooney.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siaran Ilegal Pertandingan Manchester United?

Meskipun tidak ada kutipan resmi tentang kebiasaannya menonton Liga Premier, laporan dari tahun 2014 mengklaim Kim Jong-un memerintahkan TV pemerintah untuk menyiarkan pertandingan Manchester United (berpotensi melalui aliran ilegal) di samping beberapa pertandingan Bundesliga.

Hak atas siaran pertandingan tersebut dijual dengan harga lebih dari £1 miliar di Inggris setiap tahun, salah satu alasan mengapa sepak bola begitu menggiurkan.

"Tidak ada yang memiliki hak untuk menyiarkan sepak bola Liga Premier di Korea Utara, jadi jika ini terjadi maka itu adalah pencurian hak cipta, sederhananya begitu," kata juru bicara Liga Premier kepada The Daily Star.

Namun, jika satu-satunya pengalaman orang Korea Utara tentang sepakbola Inggris adalah pada masa Louis van Gaal, cengkeraman Manchester United sebagai klub paling populer di Asia mungkin tidak akan bertahan lebih lama.

3 dari 3 halaman

Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.