Sukses

Kolaborasi Beasiswa Kedubes Palestina-Politeknik Batam Program Perdana

Politeknik Negeri Batam (Polibatam) berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Palestina untuk memberikan beasiswa.

Liputan6.com, Jakarta - Politeknik Negeri Batam (Polibatam) berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Palestina untuk memberikan beasiswa kepada pemuda Palestina. Diharapkan beasiswa ini bisa membuka jalan bagi Palestina untuk membangkitkan industri negara mereka.

Ada lima beasiswa yang tersedia dari Polibatam untuk Palestina. Direktur Polibatam Uuf Brajawidagda berkata ini adalah pertama kalinya politeknik tersebut membuka program beasiswa internasional.

"Ini adalah pertama kalinya kami menyediakan beasiswa bagi murid-murid asing. Dan harapannya ini bisa kami replikasi dengan negara-negara lainnya," jelas Uuf di Kedutaan Besar Palestina, Selasa (9/11/2021).

Negara-negara yang menjadi target Polibatam saat ini berada di Asia Tenggara.

"Beberapa negara di Asia Tenggara yang menjanjikan seperti Myanmar, dan negara-negara lainnya. Jadi kami harap ini adalah awal mula yang baik," terangnya.

Politeknik Negeri Batam resmi menjadi PTN pada 2010. Polibatam adalah satu-satunya PTN vokasi di kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Batam, Bintan, dan Karimun di Kepulauan Riau.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dana Beasiswa

Terkait pendanaan beasiswa ini, pihak Polibatam tertarik bekerja sama dengan Kemendikbud-Ristek. 

"Kita akan coba. Pemahaman saya ada program beasiswa dengan kementerian. Makanya nanti kita coba kawinkan, kita satukan, atau juga nanti kita ajak pihak lain untuk bersama-sama membiayai yang lima ini," jelas Uuf kepada Liputan6.com.

Program yang dimaksud dari kementerian adalah KNB (Kemitraan Negara Berkembang) atau Developing Countries Partnership.

Meski demikian, Uuf menjelaskan bahwa Polibatam juga siap mengalokasikan anggaran mandiri untuk menunjang para pemuda Palestina yang mendapatkan beasiswa. 

Polibatam memiliki sejarah menarik karena berlokasi di salah satu wilayah terdepan dan terluar Indonesia. 

Berdasarkan informasi di situs resminya, dulu Polibatam merupakan Perguruan Tinggi Swasta di bawah Yayasan Pendidikan Batam yang beranggotakan Otorita Batam, Institut Teknologi Bandung, Pemerintah Kota Batam, dan Universitas Riau.

Berkat kinerja dan prestasinya, Polibatam menjadi PTN vokasi 18 Oktober 2010,

3 dari 3 halaman

Infografis Pendidikan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.