Sukses

Ratu Elizabeth II Berulang Tahun ke-95, Beberapa Hari Setelah Pangeran Philip Meninggal

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II pada Rabu (21/4/2021) genap berusia 95 tahun, hanya beberapa hari setelah suaminya Pangeran Philip meninggal dunia.

Untuk saat ini, Ratu Elizabeth II merupakan penguasa terlama dalam sejarah Inggris. Tapi, kini dia akan melakukannya tanpa Philip, pria yang disebut ratu sebagai "kekuatannya untuk bertahan".

Elizabeth secara resmi dimahkotai pada 2 Juni 1953, pada usia 25 tahun setelah ayahnya George VI meninggal mendadak pada 1952.

Selama upacara itu, yang disiarkan televisi di seluruh dunia, sang ratu berjanji untuk memerintah Inggris dan wilayah lainnya.

Enam tahun sebelumnya, dalam pidatonya di Afrika Selatan, Putri Elizabeth saat itu menjelaskan komitmen seumur hidupnya pada Inggris.

"Aku menyatakan di hadapanmu semua bahwa seluruh hidupku, baik panjang atau pendek, akan dikhususkan untuk pengabdianku dan pengabdian keluarga kita yang agung yang menjadi milik kita semua," katanya.

Dengan pemerintahan yang sejauh ini berlangsung hampir tujuh dekade, Ratu Elizabeth II telah menyaksikan pemerintahan bangkit dan jatuh.

Berada di generasi demi generasi kepala negara, dan memimpin sebuah keluarga dengan bagian tragedi dan kontroversi tersendiri.

 

2 dari 3 halaman

Cerita Cinta Ratu Elizabeth II

Putri Elizabeth saat itu bertemu dengan calon suaminya, sepupu jauhnya yaitu Philip dari keluarga kerajaan Yunani, selama kunjungan kerajaan ke Dartmouth Naval College pada tahun 1939.

Pertunangan mereka terjadi pada ulang tahunnya yang ke 21 pada April 1947.

Pada tahun yang sama tanggal 20 November, dia dan Philip menikah dalam sebuah upacara besar-besaran, sebuah acara penuh warna yang menjadi berita utama di seluruh dunia.

Elizabeth dan Philip membesarkan empat anak: Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: