Sukses

Ledakan Terdengar di Riyadh Arab Saudi, Penyebab Belum Diketahui

Sebuah ledakan terdengar di Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh pada Selasa (26/1) waktu setempat.

Liputan6.com, Riyadh- Sebuah ledakan terdengar di Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh pada Selasa (26/1).

Namun, penyebab ledakan itu belum diketahui.

Dilansir US News yang mengutip Reuters, Rabu (27/1/2021) beberapa saksi mata menyebutkan bahwa mereka mendengar dua suara keras dan melihat kepulan kecil asap di atas langit Riyadh sebelum pukul 1 siang waktu setempat.

Stasiun TV Arab Saudi, Al Arabiya mengutip laporan lokal tentang  ledakan dan video yang beredar di media sosial yang menunjukkan sebuah rudal dicegat di Riyadh.

Tetapi otoritas Arab Saudi belum memberikan komentar apapun terkait laporan tersebut, atau klaim pihak yang bertanggung jawab.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serangan Lintas Batas Kelompok Houthi

Diketahui bahwa Houthi yang berpihak pada Iran di Yaman telah melakukan banyak serangan lintas batas ke Arab Saudi dengan menggunakan drone dan rudal,  sejak koalisi pimpinan negara itu terlibat di Yaman awal 2015 silam - untuk memulihkan pemerintahan yang digulingkan Houthi.

Serangan rudal dan serangan pesawat tak berawak yang diklaim oleh Houthi juga telah menargetkan bandara sipil dan infrastruktur minyak di Arab Saudi, yang kadang-kadang mencapai Riyadh.

Koalisi militer pimpinan Arab Saudi yang beroperasi di Yaman pada 23 Januari 2021 mengatakan bahwa pihaknya telah mencegat dan menghancurkan "target udara dari musuh" yang diluncurkan menuju Riyadh.

Namun Houthi membantah bertanggung jawab atas serangan itu - sementara kelompok yang sampai sekarang tidak dikenal menyebut dirinya Alwiya Alwaad Alhaq mengklaim serangan tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.