Sukses

Donald Trump Masih Tak Pakai Masker Saat Tinggalkan Gedung Putih

Liputan6.com, Washington, D.C. - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump masih tidak mengenakan masker pada hari terakhirnya di Gedung Putih. Kondisi itu berbeda dari pelantikan Presiden AS Joe Biden ketika semua peserta kompak memakai masker. 

Penampilan terakhir Donald Trump sebagai presiden adalah di Joint Base Andrews, Maryland, Rabu (21/1/2021). Ia memberikan pidato perpisahan di lokasi tersebut, dihadiri keluarga dan sejumlah pendukung. 

Melania Trump dan anak-anak Trump juga tidak memakai masker. Meski demikian, petugas militer di pangkalan militer itu memakai masker.

Di lain lokasi, semua tokoh politik memakai masker di pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris, termasuk anggota senior Partai Republik, seperti Mantan Wakil Presiden Mike Pence dan Senator Mitch McConnell. 

Sejak awal pandemi COVID-19, Donald Trump ogah-ogahan memakai masker. Ia berdalih orang-orang yang mendekatinya sudah tes COVID-19. Kebiasaan itu tidak berubah walau Trump pernah terinfeksi. 

Setelah pulang dari rumah sakit, Donald Trump tetap tidak mengenakan masker.

2 dari 3 halaman

Pidato Perpisahan Trump

Pada pidato pamungkasnya, Donald Trump menyorot ekonomi AS dan pasar saham yang meningkat, kesejahteraan veteran, Space Force, hingga COVID-19.

"Saya hanya ingin berkata, kalian luar biasa. Ini adalah negara yang sangat, sangat hebat. Ini adalah kehormatan dan privilese untuk menjadi presiden anda," kata Trump, Rabu pagi (20/1/2021) waktu setempat seperti disiarkan kanal YouTube Gedung Putih.

Ucapan Trump disambut teriakan "USA, USA, USA" oleh pendukungnya.

Ia juga menyampaikan dukungan pada pemerintahan berikutnya, meski ia tidak menyebut nama Joe Biden. 

"Saya berharap adminisitrasi baru keberuntungan besar dan kesukesan besar. Saya pikir mereka akan sukses besar, mereka memiliki fondasi untuk melakukan sesuatu yang spektakuler," kata Trump.

"Semoga hidup kalian baik, kita akan segera berjumpa lagi," ujar Trump.

Pidato Trump diakhiri lagu Village People berjudul YMCA yang sering dipakai kampanyenya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: