Sukses

Coquitos, Kelapa Langka Berukuran Mini Hanya Sekecil Kelereng

Selain buah kelapa yang kita sudah terbiasa lihat, ternyata ada varian kelapa yang sangat unik bernama coquitos.

Liputan6.com, Chile - Tahukah Anda, selain buah kelapa yang kita sudah biasa lihat, ternyata ada varian sangat unik bernama coquitos. Bedanya dari segi ukuran.

Coquitos adalah jenis pigmy coconuts atau dwarf coconuts. Kelapa ini ukurannya mini, hanya sekecil kelereng.

Buah unik ini sering ditemukan di Amerika Selatan.

Miniatur kelapa ini adalah buah dari Jubaea chilensis, sebuah pohon palem dengan bentuk daun seperti bulu asli negara Chile. Rasa dan bentuknya seperti kelapa pada umumnya.

Bagian luar Coquitos berwarna cokelat, dengan interior berwarna putih dan sisi tengah berlubang. Walaupun bentuknya kecil dan tidak mengandung cairan di dalamnya, rasanya sangat mirip dengan buah kelapa biasa.

Pohon berdaun mirip bulu tersebut mendapatkan namanya dari getah manis yang diekstrak dari batangnya. Getah tersebut digunakan oleh rakyat Chile untuk membuat wine dan sirup.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jubaea Chilensis, Induk dari Coquitos

Untuk mencapai kedewasaan, pohon Jubaea Chilensis membutuhkan waktu 50 tahun dan dapat hidup hingga satu abad sampai satu milenium.

Jubaea chilensis ini adalah salah satu spesies masif kedua dari 2.600 spesies pohon palem yang ada di Bumi, dengan ketebalan di pangkalnya yang bisa melebihi dua meter.

Ditambah dengan buah unik yang langka, membuat Jubaea chilensis menjadi pohon yang sangat menarik.

Melissa’s, sebuah perusahaan di California yang menjual coquitos mengatakan rasa buah ini seperti kelapa yang kaya dengan rasa manis khas kelapa pada umumnya. Dengan sensasi rasa kacang dan tekstur renyah.

Walaupun kulit dari coquito dapat meninggalkan rasa tidak enak di lidah, buah ini dapat dimakan secara utuh. Selain itu juga dapat dinikmati setelah dipotong dan ditambahkan ke berbagai jenis makanan seperti dessert (pencuci mulut), makanan ringan, ataupun minuman.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.