Sukses

Coba Makan Pisang Tiap Hari, Ini 4 Manfaat Menakjubkan yang Terkandung di Dalamnya

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin semua orang sudah tahu bahwa pisang itu sehat. Tapi pertanyaannya adalah apa fungsi pisang bagi tubuh?

Jawabannya, sebagai sumber potasium terbaik sampai memiliki banyak nutrisi. Buah ini merupakan salah satu makanan yang paling sehat dikonsumsi.

Bagian terbaiknya, seperti dilansir dari Timesofindia, Selasa (24/11/2020), selain dari sisi kesehatan pisang juga dapat membantu dalam mengatur berat badan Anda.

Berikut ini beberapa tips manfaat paling menakjubkan dari buah berwarna kuning ini:

1. Baik Untuk Kesehatan Mental

Buah pohon tropis ini kaya akan triptofan, yang kemudian diubah serotonin. Pada umumnya, kekurangan serotonin di otak yang menjadikan timbulnya depresi.

Faktanya, kekurangan serotonin dapat dikaitkan dengan beberapa gejala dari psikologis salah satunya yaitu depresi dan kecemasan.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda adalah seseorang yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, sebaiknya coba untuk mengonsumsi pisang. Karena buah ini mengandung 3 gram serat dan hanya memiliki 100 kalori per porsinya.

Buah berwana kuning ini adalah pilihan yang baik sebagai camilan untuk Anda yang mau menurunkan berat badan. Mereka membuat Anda merasa kenyang dan membantu mengendalikan keinginan untuk makan berlebih.

Faktanya lagi, pisang menyediakan 12 persen dari asupan serat harian.

2 dari 3 halaman

Baik Untuk Otak dan Tulang Menjadi Kuat

3. Baik untuk Otak

Sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa pisang kaya akan potasium dan magnesium. Karena mereka dapat melepaskan energi secara perlahan-lahan, membuat otak waspada dan membantu fokus menjadi lebih baik.

4. Membuat Tulang Menjadi Lebih Kuat

Karena dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium, pisang juga sebenarnya membuat tulang menjadi lebih kuat dan sehat.

Maka Berapa Pisang yang harus Dimakan Dalam Sehari?

Makan satu buah pisang sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan kandungan campuran penting dari nutrisi dan seratnya. Karena ringan di perut, maka bisa juga dijadikan sebagai camilan sebelum dan sesudah olahraga.

Setelah mengetahui manfaatnya, tak ada salahnya jika menambahkan buah ini ke dalam menu diet harian Anda.

 

Reporter : Romanauli Debora

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: