Sukses

Elon Musk Memperkenalkan Babi dengan Prosesor Komputer di Otaknya

Elon Musk telah memperkenalkan seekor babi bernama Gertrude dengan chip komputer seukuran koin di otaknya.

Liputan6.com, San Fransisco - Elon Musk telah memperkenalkan seekor babi bernama Gertrude dengan chip komputer seukuran koin di otaknya. Hal itu untuk menunjukkan rencana Musk yang ambisius untuk membuat antarmuka (interface) otak-ke-mesin yang berfungsi.

"Ini seperti Fitbit di tengkorak Anda dengan kabel kecil," kata pengusaha miliarder itu dalam siaran web, dikutip dari BBC, Minggu (31/8/2020).

Neuralink, sebuah perusahaan start-up yang didirkan Musk, diciptakan untuk meluncurkan uji coba manusia tahun lalu.

Antarmuka dapat memungkinkan orang dengan kondisi neurologis untuk mengontrol ponsel atau komputer dengan pikiran mereka.

Elon Musk berpendapat, chip semacam itu pada akhirnya dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan kondisi seperti demensia, penyakit Parkinson, dan cedera tulang belakang.

Tapi ambisi jangka panjangnya adalah mengantarkan pada zaman yang disebut Musk sebagai "kognisi manusia super", sebagian untuk memerangi kecerdasan buatan yang begitu kuat sehingga dia mengatakan bisa menghancurkan umat manusia.

Gertrude adalah salah satu dari tiga babi di kandang yang mengambil bagian dalam demo webcast hari Jumat. Dia membutuhkan waktu beberapa saat untuk bergerak dan menghasilkan data, tetapi ketika dia makan dan mengendus sedotan, aktivitas tersebut muncul pada grafik yang melacak aktivitas sarafnya. Dia kemudian mengabaikan semua perhatian di sekitarnya.

Prosesor di otaknya mengirimkan sinyal nirkabel, yang menunjukkan aktivitas saraf di moncongnya saat mencari makanan.

Musk mengatakan perangkat Neuralink asli, yang terungkap lebih dari setahun yang lalu, telah disederhanakan dan dibuat lebih kecil.

"Ini benar-benar pas di tengkorak Anda. Bisa di bawah rambut Anda dan Anda tidak akan tahu."

Didirikan pada 2017, Neuralink telah bekerja keras untuk merekrut ilmuwan, sesuatu yang masih diiklankan oleh Elon Musk di Twitter bulan lalu dan yang menurutnya adalah tujuan demo hari Jumat.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perangkat dengan 3.000 Elektroda

Perangkat yang dikembangkan perusahaan itu terdiri dari probe kecil yang berisi lebih dari 3.000 elektroda yang dipasang pada benang fleksibel yang lebih tipis dari rambut manusia, yang dapat memantau aktivitas 1.000 neuron otak.

Menjelang siaran web tersebut, Ari Benjamin, di Lab Kording Universitas Pennsylvania, telah mengatakan kepada BBC News bahwa batu sandungan sebenarnya untuk teknologi tersebut adalah kerumitan otak manusia.

"Begitu mereka memiliki rekaman, Neuralink perlu memecahkan kode mereka dan suatu saat akan mencapai penghalang yaitu kurangnya pemahaman dasar kita tentang cara kerja otak, tidak peduli berapa banyak neuron yang mereka rekam.

"Menguraikan tujuan dan rencana pergerakan sulit dilakukan jika Anda tidak memahami kode saraf tempat hal-hal itu dikomunikasikan."

Perusahaan milik Musk, SpaceX dan Tesla, telah menangkap imajinasi publik dengan upayanya untuk mendorong kemajuan dalam penerbangan luar angkasa dan kendaraan listrik.

Tapi keduanya juga menunjukkan kebiasaan pengusaha membuat pernyataan berani tentang proyek yang akhirnya memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan dari yang direncanakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.