Sukses

Menlu Pompeo Beri Sinyal PBB Bahwa AS Bakal Segera Aktifkan Lagi Sanksi Iran

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo memberi surat pemberitahuan kepada PBB bahwa pihaknya akan segera mengaktifkan sanksi Iran kembali.

Liputan6.com, Washington D.C - Amerika Serikat telah secara resmi memulai proses pengaktifan mekanisme kontroversial yang bertujuan untuk memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran. Hal ini merupakan sebuah langkah yang diperebutkan, yang memperluas keretakan dengan sekutu Eropa dan mengancam kesepakatan nuklir dengan Teheran.

Melansir laman Channel News Asia, Jumat (21/8/2020), Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengirimkan surat kepada presiden Dewan Keamanan PBB yang memberitahukan kepadanya tentang ketidakpatuhan "signifikan" Iran terhadap persyaratan perjanjian bersejarah 2015, menurut salinan yang dilihat oleh kantor berita AFP.

Surat yang dikirim secara pribadi kepada Duta Besar Indonesia di PBB - yang saat ini menjabat sebagai presiden bergilir di New York, memicu dimulainya prosedur sengketa yang disebut "snapback."

Langkah tersebut memperlebar jurang antara AS dan anggota tetap Dewan Keamanan Iran lainnya, yang dimulai ketika Presiden Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir dengan Teheran pada 2018.

Prosedur tersebut, yang tidak pernah digunakan sebelumnya, muncul setelah AS mengalami kekalahan yang memalukan di Dewan Keamanan pekan lalu ketika AS gagal mengumpulkan dukungan untuk resolusi dalam memperpanjang embargo senjata konvensional di Iran.

"Snapback" bertujuan untuk memulihkan semua sanksi internasional terhadap Iran yang dicabut sebagai bagian dari perjanjian nuklir 2015 dengan Teheran sebagai imbalannya setuju untuk tidak mengembangkan senjata nuklir.

Tetapi hal itu juga dapat mengancam berhentinya kesepakatan bersejarah itu, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), yang coba diselamatkan Inggris, Prancis dan Jerman bersama dengan Rusia dan China.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prosedur Snapback

Resolusi Dewan Keamanan yang meratifikasi perjanjian itu, yang dinegosiasikan oleh mantan presiden Barack Obama, mengatakan negara-negara yang berpartisipasi dapat secara sepihak memberlakukan kembali sanksi jika Iran telah gagal untuk secara signifikan mematuhi perjanjian tersebut.

Prosedur "snapback" seharusnya mengarah pada penetapan kembali sanksi setelah 30 hari, tanpa kemungkinan ada anggota, yaitu Rusia dan China, yang menggunakan veto mereka.

Negara-negara Eropa di Dewan Keamanan mengatakan AS menyerahkan hak mereka sebagai peserta ketika Trump menarik diri dari kesepakatan pada Mei 2018 dan menerapkan kembali sanksi Amerika sebagai bagian dari kampanye "tekanan maksimum" -nya terhadap rezim Iran.

Para ahli mengatakan bahwa "snapback" mengancam akan menjerumuskan Dewan Keamanan ke dalam krisis dan menimbulkan pertanyaan tentang legitimasi resolusinya.

Mereka memperkirakan situasi di mana Amerika Serikat bertindak seolah-olah sanksi telah diberlakukan kembali dan anggota Dewan lainnya berlanjut seperti sebelumnya.

"Tidak ada keraguan Gedung Putih menggunakan snapback sebagai langkah terakhir yang putus asa untuk membakar rumah JCPOA sebelum pemilihan AS," kata Ellie Geranmayeh, pakar Iran di Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri, kepada AFP.

"Langkah ini akan membuat Dewan Keamanan PBB dalam satu kekacauan besar, dengan persaingan narasi di antara kekuatan dunia jika sanksi PBB terhadap Iran harus diperkuat," katanya.

"Apa yang dilakukannya adalah meninggalkan kerusakan abadi bagi Dewan Keamanan PBB dan selanjutnya mengisolasi posisi AS di Iran."

Pompeo juga akan membahas langkah tersebut dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres di kediaman Guterres.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.